7+ PETUNJUK CARA BERMAIN (TERCEPAT) SURFING PEMULA POSISI, TIPS, DAN VIDEO - SURFING REPUBLIC surfing republic

7+ PETUNJUK CARA BERMAIN (TERCEPAT) SURFING PEMULA POSISI, TIPS, DAN VIDEO



PELAJARI CARA  BERMAIN SURFING


Surfing Republic - Berikut cara belajar berselancar yang akan bisa menjadi pengalaman yang akan mengubah hidupmu. Surfer menikmati gemericik deburan gelombang kristal, terbang di sepanjang ujung  gelombang lebih sering dari pada orang biasa di muka bumi dalam menikmati tempat-tempat eksotis di muka bumi. 

Sepertinya itu terdengar menarik bukan? Maka di sini akan diterangkan sedikit cara belajar untuk surfing. Waktu membaca 30 menit untuk pengetahuan yang bisa dihargai Rp 350.000;

Di bawah ini menyediakan semua dasar-dasar yang harus kamu tahu sebelum mengambil sekolah surfing pertamamu atau menyewa papan selancar pertamamu

Jika kamu membaca bagaimana untuk berselancar dengan benar, kamu akan berkembang jauh lebih cepat dari peselancar pemula di sekolah surfing, lebih cepat untuk menjadi surfer yang berpengalaman .

Jika kamu belum pernah melihat panduan peralatan surfing, setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan yang baik tentang papan selancar dan di mana para peselancar idealnya  untuk belajar surfing dan di sini akan memberikan kamu pemahaman awal ukuran yang benar tentang softtop, pop-up atau minimal yang bisa digunakan untuk pertimbangan awal sebelum benar benar menjadi seorang peselancar handal.

Sebelum masuk ke air perhatikan ini dulu


  1. Jangan membeli papan selancar sendiri hingga beberapa kali sesi bersama instruktur. Dan jangan pernah mengiyakan siapa pun yang menyarankanmu membeli papan selancar di level pemula.
  2. Ketahui papan yang cocok untukmu, standartnya tambah ukuran papan setengah dari panjang tubuhmu, kalo kamu tinggi cari papan yang mempunyai ketebalan yang cukup untuk tubuhmu.
  3. Gunakan wetsuit (pakaian renang) kamu akan memar dan lecet. 
  4. Perhatikan semua petunjuk keselamatan

Inilah petunjuk bermain surfing pemula

Pilih Spot Tepat

surfing republic

Surf break, poin ombak  sangat bervariasi dan jika kamu mencoba untuk belajar pada tempat yang salah dapat memperlambat proses belajar jadi lebih lama dan mengurangi fun, bisa jadi kamu nanti terluka dan kamu akan mengganggu peselancar lain. 

Carilah pantai lambat dan mudah, naiki gelombang di kisaran 1-2 ft atau setinggi dada orang dewasa. Ini mungkin tidak terlihat menantang tapi itu akan menjadi tempat terbaik untuk memulai. 

Boleh juga mencoba dan menemukan tempat tidak banyak kerumunan orang – bermain dengan beberapa pemula lain dan peselancar yang lebih berpengalaman bukanlah cara terbaik untuk bermain selancar bagi pemula. Jika kamu memiliki sedikit ruang yang bebas maka akan lebih mudah untuk belajar surfing. Ingat jawabannya adalah lupakan main di ombak karang, batu, (reef break) dan berat.

Mendayung atau Padlle out

learn to surf cimaja

Jika kamu telah memiliki papan selancar yang baru di bawah lengan dan kamu telah menemukan tempat yang tepat, tempat yang tidak terlalu ramai untuk surfing, sekarang saatnya untuk mendayung! 

Mendayung merupakan keterampilan berselancar paling dasar, penting latihan ini akan banyak keuntungannya. Mulai dari gelombang kecil dan jika mungkin dayung ketika ada pecahan buih ombak.

Cara terbaik adalah meletakkan papan selancar ke air jika kamu mencapai kedalaman air sekitar paha dan pinggang, kemudian rebahkan tubuhmu di dek papan selancar. 

Menjaga keseimbangan badan pada papan selancar sehingga ujung papan selancar agak keluar dari permukaan air. Caranya adalah dengan mencari posisi optimal untuk melawan arus ombak dan memberikan kekuatan saat mendayung.

Setelah kamu merasa papan meluncur mudah kamu akan menemukan posisi yang ideal, jadi ingatlah posisimu dan tetaplah bertahan pada posisi yang benar tadi.

Mulailah mendayung menggunakan lengan menggerakkan kedalam air dengan posisi dada terangkat, tutup jari jari dengan rapat dan gerakkan dengan kuat, tapi tidak perlu tergesa-gesa. Jika kena air bergelombang atau "cut" , angkat dadamu sedikit dan mengurangi berat badanmu di papan sehingga hidung papan tidak terlalu terendam ke dalam air. Jika telah belajar untuk menyeimbangkan badan kanan dan kiri ,kepala dan kaki, mendayung papan ke arah ombak!

Duck Diving


Duck Diving atau gaya bebek adalah teknik untuk memungkinkan kamu untuk lewat di bawah ombak ketika mengayuh keluar, dari pada kehilangan stamina karena terus menerus di hantam ombak. Duck Diving berlaku untuk shortboards yang lebih kecil dan lebih ringan, untuk longboards ada sejumlah teknik yang digunakan untuk mencapai hasil yang sama. Untuk duck diving papan selancar kecil, cobalah untuk secepatnya mendayung mendekati gelombang . Sekitar dua meter sebelum kontak dengan pecahan buih putih, pegang kuat kedua rel (tepi papan selancar) di tengah-tengah antara hidung dan titik tengah tubuhmu . Dorong semua berat tubuh bagian atasmu ke tangan dan lengan sampai kamu merasa hidung selancar tenggelam. Arahkan kepalamu dan biarkan tubuhmu mengikuti .

duck dive
Setelah tubuh tepat di bawah permukaan air, tekuk kaki depanmu dan menggunakan lutut atau tumit itu untuk menekan ekor papan kebawah gelombang. Momentum ini harus mendorong kamu di bawah gelombang dan dengan cepat melewati pecahan ombak dan hanya mengharuskan berada di bawah air untuk waktu yang singkat. Setelah gelombang terlewati biarkan tubuhmu mendekap papan dan pastikan kepala bergerak se-arah dengan hidung papan.
Untuk menghindari gempuran ombak pada longboard ada beberapa cara untuk mengatasi gelombang: 
The slice dan bebek, Eskimo roll, push-up dan menembak dan bergeser. Pada gelombang yang lebih kecil teknik push- up mungkin terbaik. Hanya mengangkat dada dan gelombang akan lewat di bawah tubuhmu dan di atas papan. 

Menembak dan bergeser adalah metode di mana kamu duduk di belakang papan dan menenggelamkan ekor, memegang rel di sekitar pusat papan sehingga menari di atas gelombang yang mendekat. Jangan terlalu ke belakang sehingga hidung papan akan terangkat naik dan kamu akan terbalik.

The Eskimo roll metode lama untuk keluar dan kembali dari ombak yaitu dengan cara membalik papan dan bersembunyi di papan ketika ombak menyapu. Ini hanya masalah meraih papan dan menggulungnya atas sehingga gelombang melewati bagian atasmu. Ini mungkin bukan metode yang paling efektif karena ada kesempatan dihajar oleh gelombang dan didorong lebih jauh kembali ke pantai. 

Metode terakhir adalah slice dan bebek caranya dengan menekan ke bawah pada satu sisi papan selancar sehingga ujung papan mengiris/tenggelam ke dalam air, pada saat yang sama menekan di geladak sehingga ujung hidung papan selancar masuk ke bawah air dilanjutkan dengan cara yang sama seperti duck diving.

Menangkap Gelombang

learn to surf Bali


Untuk memulai latihan tetaplah pada posisi mendayung dan yang terbaik untuk menangkap gelombang adakah yang telah pecah dan mengejar dan mendahului gerakan ombak. 

Kamu harus memiliki posisi mendayung ideal pada tahap ini, jadi titik fokusmu langsung menuju pantai dan bertahanlah cara terbaik untuk menuju pantai. Gelombang itu akan membawa dan mendorongmu ke pantai, tentu saja pikiranmu saat itu melayang dan hilang, namun jika hidung papan terlalu masuk ke air kamu akan terjungkal seperti papan tulis hahaha, juga jika gelombang lewat di bawah karena posisi terlalu ke belakang maka akan melambatkan pergerakan papan.


Perhatikan video anak kecil lagi belajar surfing di Canggu Bali di bawah ini




Sangat menyenangkan menangkap dan naik ombak beberapa kali dan mendapatkan pengalaman yang sangat menyenangkan, setelah itu saatnya untuk berdiri dan kita akan membahasnya kali ini. 

Setelah memahami cara menangkap ombak putih dan keterampilan mendayung untuk menjemput ombak yang putih datang itu adalah keterampilan dasar  tentang selancar. Setelah belajar cara-cara tadi akan butuh sedikit waktu untuk memilih ombak dan mempraktekkan dalam berselancar sabarlah, ada banyak kesenangan di setiap sesi kamu memainkan selancar. 

Ketika ombak mendekat, ubahlah arah hidung papan menuju arah pantai, berbaring dan mulai dayung. Ketika kamu merasa dorongan keras dari ombak maka itulah saatnya kamu paddle sekuat tenaga  dan mulai memegang rel papan, kecenderungan alami adalah kebanyakan akan terbalik karena hidung papan terlalu masuk ke dalam air, tapi itu adalah proses lambat yang membuat anda lebih memahami cara menangkap ombak lebih berpengalaman.

Bersandar ke papan dan menaikkan dada ketika kamu merasakan dorongan ombak adalah cara yang tepat untuk menghindari ketidak stabilan yang terjadi pada efek palung laut yang terjadi karena arus kuat dari gelombang. Namun ini adalah posisi paling ideal untuk pemula yang ini menangkap ombak dan mengendalikannya sebelum benar-benar berdiri di atas papas selancar. Sekarang kamu sudah siap dan akan masuk pada tahap berikutnya.

Berdiri – Stand Up

Berdiri di papan selancar terlihat sangat mudah, tetapi sekali kamu menempatkan papan selancar yang bergerak pada kecepatan tinggi, gelombang mendorongmu di mana kamu harus secara bersamaan melompat dari posisi telungkup, sementara bobot dan kestabilan kaki kiri, kanan, depan, dan belakang hanya untuk menjaga  diri dari kemungkinan nyungsep ke depan, kamu akan segera menyadari banyak latihan akan dibutuhkan! 

Tempat untuk memulai untuk berdiri di pantai 
Pertama kamu perlu tahu mana kaki secara alami akan ada di depan. Pemain depan kaki kiri disebut sikap natural dan ke depan kaki kanan adalah sikap kaki goofie. cara untuk mengetahuinya bisa dengan cara berdiri dan menatap lurus ke depan, biarkan kawan menyenggol dan mendorong kedepan, kaki yang pertama keluar adalah posisi nanti akan kamu lakukan di atas papan selancar. 

Gerakan berdiri disebut pop - up , yang pada dasarnya adalah dorongan reflek kaki dan badan tengah untuk berdiri. Bisa dicoba di pasir tengkurap dan melakukan push- up , sekali lengan tegak penuh, tarik salah satu kaki ke depan sekitar lutut dan bersiap seolah olah mau lari. Jika kamu berlatih ini secara teratur akan membantu ketika di dalam air .

Langkah berikutnya adalah keluar menuju pantai dan mulai melangkahkan kaki masuk ke air dan siap melakukan penjelajahan samudra



  • Langkah 1 --- Paddle bersamaan dengan ombak dan pada saat kamu merasa papan lebih cepat dari kecepatan mendayungmu, Kamu siap untuk melompat ke atas.
  • Langkah 2 --- Dengan tanganmu tetap memegang masing-masing rel mendorong dengan cepat.
  • Langkah 3 --- Bersamaan , tegakkan lengan anda dan biarkan lututmu mengikuti gerakan dada. Pastikan untuk menjaga kestabilan berat tubuh dan tetap bertahan agar tidak miring.
  • Langkah 4 --- Tempatkan kakimu tetap di papan, satu kaki di dekat ekor dan satu kaki tepat di atas titik tengah papan .
  • Langkah 5 --- Jangan berdiri tegak sepenuhnya . Simpanlah pusat gravitasi rendah dengan berjongkok dan memfokuskan berat badanmu pada titik tengah papan . Jaga lengan dengan posisi seperti menari Jaipong, mata melihat ke depan dan keseimbangan .


Sudut pada gelombang

Surfing lesson In canggu


Namun, pada gelombang yang lebih ekstrem, barrel, surfer harus mengikuti arah jatuh gelombang untuk menghindari hidung papan selancar masuk ke dalam air saat drop. 


Teknik mengubah papan selancar ini relatif sederhana.

Sekaligus menjaga pusat gravitasi rendah dengan kaki ditekuk di bagian lutut , mencondongkan berat badan pada arah gelombang. 
Hal ini akan mendorong rel papan ke dalam air dan menciptakan efek keel, membuat maneuver ke dalam air dan mengarahkan papan ke arah yang kamu pilih. 
Pada longboard prinsipnya sama tetapi kamu akan perlu menggunakan bagian belakang papanmu untuk mengubah, jika kamu berdiri terlalu jauh ke depan sementara deck body selancar akan sedikit masuk ke air kamu tidak akan bisa mengarahkan papan dan bisa menjadi akhir perjalan ombakmu, pada longboard semakin ke depan posisi berdiri akan membuat laju papan selancar melaju lebih cepat dan susah di kontrol.





CONVERSATION

INSTAGRAM