29 HAL YANG AKU PELAJARI TENTANG DIRIKU - SURFING REPUBLIC surfing republic

29 HAL YANG AKU PELAJARI TENTANG DIRIKU

Surfing lesson bali tour
yang ambil dell strek-ku ku kutuk jadi ganteng ;) 

29 HAL YANG AKU PELAJARI TENTANG DIRIKU


aku tetap si kuli, dan bertambah usia, tapi tetap muda.

Setelah orang2 mengucapkan selamat ulang tahun di wall dinding fb-ku, aku seakan tidak percaya bahwa hari itu aku bertambah umur dan akan menghabiskan suasana umur 20an yang membanggakan dan penuh pertualangan yang hebat. Teringat masa awal 20an yang dahsyat bersama para sahabat, dan kini aku baru sadar hampir 10 tahunan berlalu aku akan menghabiskan suasana itu karena angka 30 akan melekat pada ktp-ku. Oh sialan dari tadi aku ngomong ktp terus (seorang memeriksa ktp tadi siang). Hal yang paling menjengkelkan.
Semenjak aku beranjak makin tua, aku tidak merasa dewasa dalam langkah dan tindakanku. Maka seharusnya aku melihat kilas balik pada kehidupan ku yang telah berlalu dan ada beberapa pesan moral yang bisa diambil pelajaran. 29 tahun itu angka yang fantastis aku ingin membagi dengan kalian bahwa dunia itu seperti ini :
1.    Dunia ini tidak menakutkan.
Surfing lesson bali tour
masih dari hp yg dicuri
Yang menakutkan itu adalah orang yang tidak keluar dan terikat dengan dirinya sendiri, maka dia tidak akan tahu arti pepatah “dunia selabar daun kelor”. Memang dunia itu selebar daun kelor, ngga perlu takut seperti yang diberitakan media.
2.    Kamu bukan orang yang pertama hidup di dunia ini.
Kita kerasa lebih tahu banyak dari orang lain, sementara umur kita hanya berkisar diangka 20an, sedangkan mereka diatas itu, meski kita lebih pandai secara pengetahuan tapi mereka punya pengalaman dan mungkin saja mereka adalah bagian dari pasukan pembawa senjata di jaman kemerdekaan. Kamu tidak merasakan hal yang keren itu. down to earth.
3.    Tidak masalah mencintai beberapa cewek sekaligus.
Berhati-hatilah kawan, jika itu yang terjadi maka pesanku adalah kamu tidak perlu bercerita pacar-pacarmu pada banyak orang, karena itu sama dengan menggali kuburanmu sendiri. Biarkan dunia yang bercerita dan ribut dengan kasusmu. Kamu tetap jadi lelaki ynag mencintai mereka.
4.    Jangan bertengkar dengan sahabat.
Surfing lesson bali tour
my bro, sist and friend... best time
Ini adalah dunia yang kejam, bahkan pacar yang kamu cintaimu tidak bisa membuatmu tenang sehebat sahabatmu, dia adalah teman merokokmu, teman minummu, teman dugemmu, teman yang berani masih duduk di jam 3 pagi hanya untuk mendengar cerita deritamu. I love my friend.
5.    Nervous itu normal.
Nervous itu rasa yang menyenangkan untuk dikenang, itu adalah seni jika punya perasaan, rasa yang membuat hidup lebih berwarna, santai saja aku sering memelihara rasa nervousku dengan orang yang aku suka, agar aku tidak jenuh dengan mereka.
6.    Kamu tidak suka gubuk tapi kalo gratis ambil saja.
Kamu harus beradaptasi, jika kamu sudah merasakan menginap di hotel Hilton di Miami, atau tinggal di hotel bintang 5 selama bertahun tahun, maka setidaknya kamu juga harus merasakan atmosfer gubuk lagian ini gratis. Kamu sedang mencari sensasi untuk hidupmu. Tenang saja nikmati dan rasakan ramah tamah pemiliknya. Its wonderful.
7.    Jika kamu bertemu orang yang lebih mapan santai saja.
Oh my God, tomorrow I will meet the hotel owner. Slow man, be a real man with mount confident, they are also human just read their eyes make a real eye contact in minutes you gonna be a friend.
8.    Kembali pada tempat yang aku senangi.
Surfing lesson bali tour
senggigi (i'm forget) 
Ya itu juga sering aku lakukan, untuk memulihkan ingatan yang mulai memudar, dan meresapi kenangannya. Kadang tempat itu punya cerita sendiri, kamu tidak perlu membuangnya, cukup kuatkan dirimu.
9.    Hobby itu membuatmu bangga sebagai manusia.
Surfing lesson bali tour

Kenapa tidak kamu lakukan apa yang menjadi hobbimu?? Jangan menghabiskan waktu terlalu lama dengan betah terus bekerja. Itu juga kurang baik. Berbaurlah dengan teman hobbi yang sama.
10.  Negara berubah seiring  jaman.


Iya itu yang ingin aku sampaikan, kamu tidak sama dengan yang aku temui 10 tahun yang lalu, begitu juga negara-negara yang aku kunjungi. Latar belakang negaranya bisa saja perang 10 tahun lalu, jelas sekarang sudah berubah.
11.  Tetap membuat perencanaan.
Aku tidak mendatangi suatu tempat tanpa ada referensi tempat tersebut, atau setidaknya mengetahui kondisi terkini dari suatu daerah dan membuat catatan penting daerah tujuan, nama dan bahasa adalah yang utama.
12.  Aku cinta Indonesia.
Aku tetap tidak melupakan Sabang dan Merauke yang terhampar sebagai carpet ombak terkaya dunia, aku selalu membanggakannya dan terus menceritakannya pada orang yang ku temui, jika kelapa yang jatuh di pinggi pantai itu juga banyak di Indonesia.
13.  Sebaiknya kamu belajar lebih.
Surfing lesson bali tour

Tetap bidik kameramu, masuk pada tantangan berikutnya, tidak masalah untuk kotor dan bau, itu membuatmu lebih cepat diterima oleh teman barumu, jika punya aroma dan suasana agak sama.
14.  Jangan lupa membawa obat.
Banyak yang kamu lupakan, karena banyak hal yang ada di benakmu. Tapi selalu ingat pada obat pribadimu, karena dokter di tempat yang baru tidak tahu historical tubuhmu, pastikan obat-obatan selalu ada di tas.
15.  Kesehatan itu adalah hal yang sangat mahal.
Jangan main-main dengan begadang di negara orang, apalagi membuat ulah dan kisruh bisa berakhir di mana saja. Bisa penjara atau rumah sakit, bahkan tempat sampah. Tetap control dirimu dan ingat siapa dirimu.
16.  Aku tidak akan buat onar di dengan polisi anti huru hara.
Paling tidak enak dikejar polisi anti teror yang tidak mengerti bahasa Inggris, kamu hanya akan berhadapan dengan popor senjata dan sepatu lars. Tempat penukaran duit dan bank adalah tempat paling tidak enak untuk mabuk.
17.  Jangan minum terlalu banyak jika cepat mabuk.
Minum itu menyenangkan, tetapi jika kamu minum seperti minum kopi maka hanya gelap ynag kamu rasakan. Hati-hati dengan apa yang kamu minum.
18.  Menyanyi dan menari itu menyenangkan
Surfing lesson bali tour

.
Menari dan menyanyi adalah cara paling kuno yang ada di dunia di pakai untuk menghibur hati jika sedang sedih. Maka mungkin kamu harus menyanyi dan menari untuk mengatasi sedihmu.
19.  Lihat daftar temanmu sekarang.
Kamu tentu masih banyak teman sekarang, usia mengajarkan segalanya. Siapa yang berada di sekitarmu sekarang? Siapa yang benar-benar ada di sekitarmu? Yang benar-benar ada????
20.  Tidak ada yang abadi.
Sedih yang kamu alami adalah sedih alami, besok akan senang. Senang yang kita bagi besok bisa jadi derita. Tetap menjalani hidup sebagai manusia yang berpikiran luas dan terbuka.
21.  Langit itu sama saja.
first time i dropped my cam
Tidak ada yang istimewa di bawah langit Turki, Norway, Kanada,  atau di manapun yang istimewa adalah kamu membuat suasana hatimu gembira ketika kemu menatap langitnya, menghirup udaranya.   Perbaiki suasana hatimu sebelum berangkat ke suatu tempat.
22.  Tersesatlah.
Ini adalah hal yang paling aku suka, tapi jarang aku lakukan jika bersama teman, jika sendiri aku lebih suka membuat diri tersesat dan aku mendapat pengalaman yang tidak didapat orang lain. Meski itu pengalaman buruk, aku tidak sekedar mendengar cerita, tapi akan bercerita.
23.  Berselancar itu kontemplasi.
Ini hal yang sangat privat sekali, karena aku melakukannya sendiri, dan orang lain tidak pernah tahu apa yang aku kerjakan. Diam menatap langit, menyelam dalam gempuran ombak, keluar sambil tersenyum.
24.  Find new person.
Membangun persahabatan baru itu menyenangkan, dari kehidupan mereka aka nada cerita yang berbeda, cukup pasang telinga dan mulailah mendengarkan. Kamu juga bisa melupakan pacar lama dan cari yang baru.
25.  Love my family.
she's my mom
Meski aku jauh dari keluarga, aku selalu mengingat mereka dan selalu ingin membawa mereka dalam pertualanganku. Mereka pendukungku yang paling setia.
26.  Travel and travel.

old pict,,,,, keep jogging
Itu adalah semboyan yang aku anut semenjak lulus sekolah, travel membuka mataku tentang dunia, tentang perbedaan, tentang budaya, dan kesamaan pikiran satu negara dengan yang lain. Maju terus, buat paspor baru.
27.  I’m Indonesian.
Meski aku tidak memakai lambang garuda di dada, aku selalu menyebuat I’m from Indonesia dengan bangga. Tanah dan udara negara ini membuatku rindu, rasa garam dari Indonesia tetap terasa berbeda. Aku akan selalu kangen.
28.  Tidak semua tempat itu indah.
Kadang kamu menemukan tempat tidak sesuai harapanmu, kamu tidak perlu kecewa. Itu adalah bagian kecil dari bagian besar yang belum kamu lalui dari tempat itu.
29.  Travel mengajarkan aku untuk bercinta dan mencinta.
too short to stay at home

Perjalan panjang hingga 29 tahun ini. Membuatku bangkit secara naluri dan terus menata diri, aku belajar mencintai temapt dan orang yang ada di dalamnya. Dan selalu meningkatkat seni mencinta, karena aku sadar tidak menghadapi satu budaya, satu kaum hawa, namun universal. 

Life is mystery, love is mystery, girls are mysterious and everybody love the mystery don’t guess how it will end, just go through the deepest situation and blur. 

CONVERSATION

INSTAGRAM