PERLENGKAPAN SURFING YANG HARUS DIKENALI - SURFING REPUBLIC surfing republic

PERLENGKAPAN SURFING YANG HARUS DIKENALI

PERLENGKAPAN SURFING YANG HARUS DIKENALI

Kamu masih membaca isi kepala
seorang kuli bangunan,,,,,,



Bisa saja kamu bisa terpengaruh gembel sepertiku dan berlari ke pantai lepaslah tujuan semua hidup, jangan sampai. Katanya, surfing dimulai dari kunjungan Kapten Cook (first surfspot explorer) ke Hawaii dia melihat raja raja Hawaii menaiki ombak dan menikmati permainan ini, kira kira  pada sebelum abad 18-an dan perlahan sejak saat itu banyak yang berubah dari olah raga ini, setelah seratus tahun berlalu dan pada awal abad 19-an olah raga ini jadi sangat popular di Amerika dan Australia diperkenalkan oleh anak muda dari Hawaii. Sang raja surfing pertama ini sangat terkenal, bahkan patungnya ada di Hawaii dan selalu mendapat kalungan bunga dari pengunjung (cari sendiri ya). Satu hal saja yang tidak berubah sejak jaman invasi militer dari Spanyol itu, kamu tetap menatap optimis setiap kamu berada di atas ombak seolah memanggil dewa-dewa seperti layaknya yang dilakukan orang dahulu, dan kamu tidak bisa membohongi perasaanmu pada saat itu.

Bagaimana aku akan menjelaskan ini aku tidak sepenuhnya yakin dengan yang aku tulis, bahkan mungkin banyak kekurangan yang harus di koreksi. Memilih ombak yang tepat dan “paddle out”,  seakaan-akan kamu telah menguasai ombak dan dengan tergopoh gopoh kamu akan berdiri tapi ternyata papanmu telah ketinggalan ombak, ato dengan sekuat tenaga kamu mendayung dan melakukan pop up, namun apa yang terjadi, kamu terjungkal dan papanmu terbang ke atas, kamu nyungsep ke dalam air. Untuk belajar surfing memang butuh pengetahuan dan ada beberapa istilah yang harus dipahami sebelum semua menjadi bahan tertawaan orang lain. Jika kamu mengalami langsung apa yang saya maksud kamu akan  lebih mengerti, dan merasakan betapa sok tahunya kita terhadap olah raga berbahaya ini.

Bagian alat surfing

Untuk beberapa hal tersebut aku akan menjelaskan beberapa hal yang menyangkut alat surfing dan bagiannya. 


pakaian surfing
surfing republic
pakaian surfing

Rash Guard – 

jika kamu berencana untuk surfing ada baiknya kamu memakai kaos, ada kaos khusus yang di produksi oleh perusahaan, namun pastikan saja untuk membeli dari perusahaan lokal, karena harga yang di tawarkan jauh lebih murah. Datang ke toko surfing dan mereka akan menjelaskan kegunaan kaos surfing, tentunya salah satu yang paling penting melindungi kulit dari terpaan sinar matahari langsung. Ato kamu bisa membeli secara online.

leash atau tali kaki

Leash – 

sebuah tali yang menempel di kaki, di situlah sebenarnya kita mempertaruhkan hidup kita, jangan sekali kali bermai-main dengan tali ini apa lagi jika bermain di ombak besar, tali ini melindungi kita agar tidak terpisah terlalu jauh saat kontak dengan ombak ato gagal “take off”. Tali ini umumnya memiliki panjang yang sama  dengan panjang papan yang kamu pakai, untuk shortboard jangan memakai tali yang terlalu panjang karena ketika kamu jatuh itu akan membuat jarak dan akan sangat mengganggu sekali jika sedang mengendarai ombak. Untuk longboard jangan memakai tali pendek, pada saat tertentu kamu ingin melaju lebih cepat dan kamu harus melangkah pada hidung longboard, dan kamu harus memakai leash panjang untuk ini. Untuk shortboard bisa memakai leash ukuran 5” ato 6”. Longboard biasa memakai ukuran 8” ato 9” ke atas, dan kamu bisa bergaya di atasnya. Sodaraku yang keren, dan pacarku yang cantik ingat kalimat ini. Jangan memakai leash bekas putus di ombak besar. Aku menulis ini setelah papan kesayangan patah, dan leash putus. Antara hidup dan mati.

wax

Wax - 

Sebuah bagian integral dari peralatan jika kamu berencana tinggal di suatu tempat untuk waktu yang lama. kamu bisa membeli di toko surfing dengan banyak bentuk , warna dan flavours tergantung pada suhu air surfing yang kamu mainkan. Jika kamu sedang berselancar di Indonesia pilihlah wax dengan tulisan 27 derajat, itu yang normal di pakai untuk iklim tropis. Kamu bisa mengoleskannya di dek papan selancar, untuk menambah daya lekat seperti kaki lebih lengket ke papan selancar, menghindari licin.


papan selancar

Board - 

Ada 3 jenis utama dari papan untuk memilih dari ketika berselancar. Hanya 2 dari ini benar-benar cocok untuk pemula. Busa, papan yang umumnya biru dan kuning adalah papan selancar paling umum untuk memulai dan bisa disewa di sebagian besar pantai surfing. Meskipun papan yang paling umum, papan ini juga butuh penyesuaian untuk meningkatkan kemampuan karena desain yang sangat dasar. Namun papan ini akan menjadi alat surfing yang sempurna untuk tahap berdiri dan proses belajar tapi saya sarankan hanya untuk menyewa papan ini. Kamu tidak membutuhkan papan ini jika kemampuanmu sudah meningkat.


Wax comb – 

sisir yang dipakai untuk meratakan dan membuat wax lama terangkat dan lebih kasar dipermukaanya. Sangat berguna jika kamu dalam perjalan selancar dan lupa membawa wax. Alat ini juga bisa di pakai untuk membersihkan wax lama sebelum dipasang dengan wax baru.

celana pantai

Boardshort – 

celana pendek yang yang biasa dipakai para peselancar, modelnya trendi dan mudah kering, bahkan bahan yang belakangan dipakai adalah bahan sejenis karet dan fleksibel. Jika kamu di Indonesia kebanyakan memakai modelstreet karena lebih enak dipakai dan mudah bergerak, kesannya klasik.
fin lokal

Fins (sirip) – 

kaki selancar yang berguna untuk mengatur laju dan arah papan selancar, banyak jenis fins yang bisa dipergunakan, tergantung karakter ombak dan kekuatan ombak, para peselancar professional memiliki karakter sendiri dan sering berekpserimen setiap sesi latihan untuk mendapatkan hasil dan kenyamanan berselancar.

Kunci fins (sirip) – 

kunci yang biasa dipergunakan untuk membuka fin, biasanya fin dibuka jika melakukan perjalanan jauh, karena memakan tempat dan dikhawatirkan patah jika masuk ke dalam kargo. Ini bisa didapat dari serangkaian Ellen key.
Minta pertimbangan dan saran dari orang-orang yang bekerja di industri dan di toko-toko surfing untuk membuat pilihan. Sebuah papan untuk ketinggian pemula rata-rata akan berada di antara 8ft dan 9 ft. Ukuran ini akan memiliki banyak volume untuk memungkinkan kamu untuk menangkap gelombang dengan mudah dan karena itu luangkan waktumu untuk hal kecil ini. Sebuah papan yang lebih kecil dengan volume lebih kecil akan lebih sulit untuk mendayung dan karena gelombang kurang akan tertangkap, kamu akan merasa sedikit frustrasi dan mungkin akan membuatmu agak temperamental pada hari pertama! Ingat - Luangkan waktu kita dalam memilih papan selancar yang benar dan mendapatkan saran sebanyak mungkin.





baca juga




CONVERSATION

INSTAGRAM