BERTUALANG DAN BERSELANCAR SENDIRIAN TIDAK MASALAH - SURFING REPUBLIC surfing republic

BERTUALANG DAN BERSELANCAR SENDIRIAN TIDAK MASALAH

Tips untuk surfpacker sendirian


Sebenarnya tidak ada masalah dengan berangkat sendirian. 

Tentunya kita harus mematuhi beberapa aturan baku yang berlaku di suatu tempat, seperti tidak seenaknya telanjang di tempat yang sangat di hormati.

Seperti layaknya beberapa kasus yang lalu beberapa orang telanjang di atas gunung yang notabene sangat di hormati oleh penduduk lokal, bukan penduduk lokal itu menyembah gunung dan percaya gunung memberi berkah.

Tapi gunung itu sudah jadi bagian hidupnya, maka sepantasnya kita berlaku sopan dan sangat menghormati gunung, seperti para penduduk yang hidup berdampingan bertahun-tahun dengan gunung tersebut. 

tentu kisah ini bukan isapan jempol belaka.


Toh meski di Indonesia orang sangat menghormai gunung bahkan ada aturan memakai pakaian untuk melakukan ritual tersebut.

Kalo kamu sudah tidak menghormati perilaku dan merasa mereka yang melakukan ritual itu adalah orang bodoh... 

maka perlu dipertanyakan kepintaran seperti yang dimiliki oleh para kaum telanjang untuk bisa seenaknya telanjang di rumah orang lain?????

Kembali  ke topik surfpacker sendirian ada ketakutan tersendiri jika kita tidak mengenal medan tersebut. 

Bagaimana kita akan berinteraksi dengan penduduk sekitar???
Jangan khawatir aku mengalami hal yang sama selama beberapa tahun terakhir dan aku pikir aku bisa melewatinya meski tidak selamanya mulus,.

Dan rasa takut adalah rasa yang normal dan mungkin tidak akan pernah hilang selamanya. 

Ketakutan itu adalah bagian dari pertualangan itu sendiri, mungkin kamu akan bertemu dengan teman yang baik, atau mengkin tidak bertemu orang sama sekali. 

Mungkin kamu akan menemukan cinta yang baru, kamu tidak akan tahu hingga kamu berangkat…… beberapa tips yang berguna untuk kita lakukan sebagai kaum surfing yang biasa berinteraksi dengan ombak dan alam


Memilih tinggal di homestay


Beberapa alasan logis memilih homestay ketimbang hotel besar adalah hubungan dengan masyrakat local lebih mudah, berinteraksi juga akan terasa lebih mudah karena bergaul dengan masyarakat langsung. 

Atau akan bertemu dengan sesama peselancar yang menginap lebih lama di situ. 

Sangat mudah untuk untuk berkenalan dengan mereka?? Pertanyaan bodoh bisa kamu ajukan

“Hey di mana aku akan mencuci pakaian?”
“Apakah kamu tahu password wifi?”
Dari kamu bisa menyakan hal yang biasa seperti menanyakan nama dan asal, apa lagi yang bisa kamu lakukan di tempat ini? 

Spot mana yang bagus? 

Dan selanjutnya kamu duduk dan minum bir bareng dan tertawa hingga pagi


Facebook


Layanan social media ini sangat terkenal di Indonesia bahkan seluruh dunia. 

Di sini banyak berkumpul para peselancar yang ingin tahu objek wisata, kamu bisa berbagi informasi dengan mereka sebelum, atau ketika mereka masih di posisi perjalanan, ini akan sedikit memudahkan pertualanganmu. 

Kamu akan bertemu dengan orang-orang asli yang terlibat langsung untuk yang lama di tempat ini. 

Ini akan jadi pengalaman yang asyik, aku juga melakukannya, aku juga sering melihat beberapa photo yang mereka posting dan itu benar-benar membantu untuk lebih tahu tempat yang kita tuju. 

Kamu bisa update status “sedang di cimaja butuh teman ngobrol nih” jika ada yang menangkap pesanmu maka mereka akan datang untuk hang out bersama.

Ikut kegiatan masyarakat





Tidak ada salahnya ikut kegiatan yang diadakan masyarakat, misalnya ketika di suatu tempat ada kegiatan kerja bhakti membersihkan pantai, atau membangun tempat umum sebagai fasilitas bersama. 

Tentu ini akan membuatmu mudah dekat suatu kelompok masyarakat dan orang akan bertanya siapa orang asing yang ikut membangun bersama kita.

Atau belajar budaya yang sudah ada, seperti mau belajar silat di kelas-kelas yang diadakan suatu kelompok, kamu akan punya teman baru, tentu kamu akan mudah dekat dengan mereka karena kamu akan mempunyai kegiatan dan kecenderungan yang sama. 

Beberapa teman dekat yang aku temui berasal dari kegiatan seperti ini.

Bertanya hal yang berhubungan dengan mereka meskipun kamu sudah tahu


Buatlah kebiasaan untuk selalu beramah tamah dengan masyarakat,.

Indonesia adalah orang yang suka di tanya tentang kebudayaan dan keunikan lokal, ketika di restoran tanyakan apa yang menarik untuk di makan.

Kalo di bus ngobrolah dengan orang di sebelahmu, tanyakan mereka kemana mereka, apa pekerjaannya, untuk basa basi ini adalah hal yang menarik dan memecah kebuntuan. 

Kebanyakan orang yang kamu datangi di satu daerah lebih senang ngobrol untuk membuatmu merasa nyaman datang ke tempat mereka.

Aku pernah dekat dengan seseorang hanya karena bertanya tentang sekolah dan harga tarif angkot yang aku naiki.

Sukarelawan


Ah msa sih???

Sebagai orang asing yang datang ke tempat baru biasanya kita hanya akan melihat satu sisi dari sebuatah tempat, karena tempat kita tinggal atau hotel biasanya di buat untuk situasi yang lebih aman dari tempat lainnya. 

Biasanya kita hanya akan melihat sisi glamour sebuah kota, tapi sebenarnya banyak sisi lain yang punya situasi terbalik dengan kota yang selama ini kita kenal, kemiskinan, kumuh dan jauh sekali dengan suasana glamour. 

Dengan menjadi sukarelawan kita akan punya kesempatan masuk ke daerah seperti dan berinterakasi dengan penduduknya lebih dekat. 

Kamu akan bertemu dengan orang-orang yang luar biasa.

Tidak perlu banyak rencana


Yang perlu direncakan dengan baik itu transportasi pesawat atau kereta saja, selanjutnya mengalir saja dan nikmati semua keadaan, merencanakan sesuatu secara detail sebenarnya kurang menarik, kita tidak terbawa arus kehidupan social sebenarnya.

Secara pribadi aku suka menikmati keterkejutan dan ketakutan, ada suasana yang jika segala hal terjadi di luar yang kita bayangkan, entah itu baik atau buruk, karena aku keluar rumah untuk menikmati segala kejutan dan mencoba jenis keberanian yang aku punya. 

Mulai dari bentuk lapar dan kenyang hingga party glamour atau hanya duduk minum air kelapa. 

Merencanakan suatu dadakan itu terasa sangat istimewa, tapi perhatikan untuk segala hal yang sifatnya berat seperti mendaki gunung itu jadikan sebagai pengecualian yah. 

Tidak perlu merencanakan tiket pulang, hotel selama perjalanan, banyak yang lebih murah kok, jangan sampai kamu masih penasaran tapi tiket sudah menyuruh pulang.

Kamu tidak sendirian


Kadang jalan sendirian itu agak menakutkan.

Tapi kita harus ingat kita ngga sendirian kok, ada banyak orang jalan berangkat surfing dari negara seluruh dunia membawa papan surfing sendirian,

Tenang saja kawan, mau cewek atau cowok ngga perlu khawatir. 

Kenapa jalan sendiri dan bertemu sesama surfer itu menyenangkan, karena kita sama-sama jauh dari rumah. 

Dan kita tidak punya siapa-siapa untuk nongkrong kecuali mereka para surfpacker.

Aku bisa kamu pun bisa




Aku orang biasa yang mencoba mengenal dunia, jika aku melakukan apapun yang aku mau, aku yakin kamu pun bisa melakukannya, aku orang yang bodoh dan terbelakang. 

Jika yang bodoh dan terbelakang bisa malakukan banyak hal apa lagi kalian yang terbiasa dengan kehidupan normal dan jaya.

Mungkin kamu akan menghabiskan beberapa waktu sendirian tapi selanjutnya kamu akan menemukan siapa dirimu sebenarnya dan apa yang harus kamu kerjakan dengan keadaanmu saat itu. 

Hingga kamu menyadari kesendirian dan ketakutanmu adalah hal yang tidak beralasan lagi untuk ditakutkan.


Kesimpulan

Semoga kalian semua jadi orang-orang yang pemberani penakluk dunia dalam diri kalian.

Karena aku yakin orang tidak akan mengganggumu ketika kamu mencoba menyapa mereka ketika sarapan pagi, dan tiba-tiba mukul dan melempar piringmu karena kamu sendirian. 

paling-paling mereka ketika disapa akan senyum dan menyebutkan nama. Kira-kira seperti itulah responnya. 

Tidak ada yang aneh, yang aneh ketika kamu hanya diam saja dan bengong.

Siap????? Ayo berangkat……


CONVERSATION

TRIP ADVISOR