50 HAL YANG MESTI KAMU LAKUKAN SAAT MUDA - SURFING REPUBLIC surfing republic

50 HAL YANG MESTI KAMU LAKUKAN SAAT MUDA

what d puck

50 hal yang harus kamu kerjakan sebelum kamu mati

Menjadi orang indonesia itu sangat menyenangkan dan akan sangat banyak pertualangan yang bisa dikerjakan dan membuat hati terasa sangat tenteram, kita membicarakan hal yang menyenangkan bukan cara mendapatkan duit, jika kamu merasa yang ada di list ini ternyata menghasilkan duit tentu itu akan sangat membahagiakan. Semua yang aku tulis ini adalah pengalaman yang akan membuat kita akan merasa selalu muda dan tetap ingin berkarya.
Kali ini Surfing Republic memberi tahukan hal hal yang dianggap menarik untuk anak muda, dan admin khususnya waktu masih bocah dulu.

1.       Renang

Masa sekarang banyak orang indonesia tidak bisa berenang, tentu ini sangat kontras dengan kondisi geografis yang mengatakan jika 70% negara kita adalah lautan, tapi tidak bisa berernang. Berapa banyak anak muda mati di lautan karena ceroboh dan tidak bisa berenang. Kemampuan berenang adalah kemampuan warisan dari nenek moyang kita. Aku sangat bangga melihat siapapun yang bisa berenang, tentu kamu tidak sadar bahwa air laut yang kita punya  airnya hangat dan membuat badan sehat. Lupakan teori cantik adalah kulit putih dan tinggi. Cantik itu bisa berenang.
CANTIK ITU BISA BERENANG

2.       Bola

Ya permainan bola sangat digemari di negeri yang carut marut urusan bola ini, kita tidak akan bebrbicara tentang prestasi, yang jelas masih sangat kelas kampung. Tapi kalo kita bicara bola adalah bicara kebahagiaan yang tidak bisa kita tipu. Jika indonesia sedang main setidak seluruh lelaki yang ada di indonesia akan duduk manis depan tv, lupa urusan makan, istri atau pacar. Semua orang akan bahagia dan kecewa berbarengan. 

3.       Futsal

Olah raga alternatif bagi yang hidup di perkotaaan dan bagi mereka yang ingin berekpresi seperti bintang pujaan, semua orang bisa mengerjakan olah raga ini, cewek boleh, cowok boleh, banci ngga boleh. Hahahaha. Kamu harus menendang bola sebelum kamu mati.

4.       Bersepeda

Kegiatan yang satu ini adalah favoritku waktu kecil, ketika dapat hadiah sepeda, rasanya dunia hanya jadi milikku, aku bersyukur belajar sepeda waktu kecil hingga sekarang aku ngga perlu belajar lagi. Sepeda dengan tambahan roda kecil sisi kanan dan kiri itu seperti malaikat bagiku. Memimpikannya setiap malam sebelum tidur. Dulu ketika masih kecil.

5.       Jogging di pantai

Berlari di pantai itu berbeda dengan lari di dalam gym room, meski paling mewah sekalipun, tidak ada yang mengalahkan alam dan rasa syukur ketika berlari di pinggir pantai, kamu akan merasakan aura baywatch seperti melekat pada dirimu. Youre the coolest guy in the world

6.       Snorkeling

Tidak ada yang menyamai keragaman bawah laut indonesia. Jangan sekali-kali meninggal jika belum terjun ke laut dan snorkeling, ini menjadi wajib bagiku ketika menyadari bahwa alam laut kita tidak diperlakukan dengan benar dan kenyataan ini sungguh menyakitkan. Alam yang sangat indah kita rusak dengan sadar dan tidak sadar.

7.       Surfing


rahmad ujung bocur
Mengambil papan selancar dan berlari ke hamparan ombak itu sangat menyenangkan, musim panas akan lebih indah jika ada yang berselancar, jika ada peselancar cewek yang bermain itu terasa lebih indah dari putri duyung dalam legenda. Peselancar cewek adalah putri duyung sebenarnya. Surfing menjadi standart kamu adalah anak Indonesia karena jutaan orang datang ke Indonesia hanya untuk bermain surfing tapi kamu ngga bisa sebagai tuan rumah, apa kata dunia???? belajarlah untuk bermain surfing

8.       Kite surfing

Ya meski olah raga sangat jarang kita temuai tapi ini adalah olah raga masa depan bagi rakyat Indonesia, mungkin kita akan melupakan bola, tapi bermain layang-layang seperti waktu kecil, tapi yang ini akan di kerjakan di laut, meski terdengar agak rumit tapi olah raga ini sangat cocok untuk negara yang punya iklim tropis dan angin dua musim bertiup sepanjang tahun. Tak peduli badai atau panas kitesurf tetap bisa dikerjakan.

9.       Naik perahu

jualan ikan
Naik perahu adalah seni mengendadlikan kapal di atas air, berbeda dengan naik kapal besar, naik perahu akan menimbulkan suasana yang berbeda karena tangan kita akan menyentuh air laut secara langsung, atau bisa jadi kita akan memegang dayung sendiri dan dengan santai melaju ke hulu sungai.

10.   Silat

Olah raga warisan nenek moyang ini adalah olah raga yang paling aku banggakan ketika lahir di Indonesia, gerakannya yang khas cepat dan mematikan. Sekarang silat masih di kembangkan dengan cara kolonial, masih banyak yang berbentuk tari sementara seni pertarungan telah berkembang dengan pesat dan metode pembelajarannya masih malu-malu seperti diintip kompeni Belanda. Tehnik silat sangat lengkap mulai dari kuncian hingga bantingan dan tinju super cepat, dengan kombinasi senjata yang sangat khas dengan gaya pertarungan jarak pendek sampai mati. Aku setuju jika silat menjadi materi sekolah umum meski tidak memerlukan ujian seperti layaknya matematika.

11.   Ping pong

Tertawa bersama di atas meja itu hanya bisa di lakukan dengan meja ping pong, si gesit dan irit. Konsentrasimu akan terlatih, insting akan secara naluriah membangun kepribadian kita. Intinya ketika bermain ping pong semua akan tertawa. Dan tidak memerlukan ruang yang sangat besar untuk olah raga ini.

12.   Balap motor

Olah raga kecepatan tidak menjadi rekomendasi untuk setiap orang, tapi mencoba kecepatan laju motor adalah seni  tersendiri termasuk bagiku. Memacu sepeda rasanya membuat hidup ketika menungganginya. Dan membuat risih orang yang melihatnya.

13.   Nonton bioskop

Kegiatan santai bersama keluarga dan orang yang disayangi jangan melewatkan hal ini, tidak perlu berkeringat dan sangat romantis, selain mendaki gunung nonton bioskop adalah hobi, terutama bioskop Trans TV. Haha.

14.   Tidak tidur semalaman

Bukan tanpa maksud ini sengaja dilakukan untuk mengenal seberapa jauh kita terhadap diri kita, karena terlalu banyak orang pusing mencari dirinya sendiri ddengan lari ke gunung melakukan tadabbur alam alam, poinnya adalah renungan kita sendiri terhadadp alam. Mau di manapun dan kapanpun kamu bisa melakukannya. Beri waktu dirimu untuk selalu terjaga di malam hari dan belajar meningkatkan kewaspadaan di dalam ddiri.

15.   Bermain kasti

Aku pernah bermain sekali dan rasanya sangat menyenagkan mengayunkan tongkat dan berlarian seperti dikejar setan. Its wonderful game.

16.   Tinju

Olah raga ini sangat populer di dunia barat ngga ada salahnya kamu mencoba olah raga ini, dari pada digebukin preman di jalanan karena urusan ngga jelas, mending datang ke gelanggang dan merasakan secara sengaja dan berkumpul dengan sesama orang yang suka olah raga pukul pukulan secara affair tanpa takut cidera. Itu akan menumbuhkan jiwa sebagai pemberani dan tidak mudah emosi untuk bertarung di jalanan.

17.   Bertualang dengan modal sedikit

Tidak ada yang lebih menantang dari pada kondisi orang sedang bokek, tapi aku melakukannya dan melawan nasib dengan sengaja tidadk membawa duit, untuk bertahan hidup, sekali-kali perlu untuk ngetes hidup, seberapa kita sangat bergantung terhadadp duit. Aku akui aku sangat bergantung sekali pada duit. Aku belajar menjalani hidup untuk tidak pusing urusan duit dan belajar bekerja apa saja untuk mencarinya dan lebih dekat dengan kondisi sosial yang ada.
TANPA HARUS GESEK ATM, BISAKAH KAMU HIDUP??

18.   Menulis

Jika menulis adalah bagian hidupmu maka kamu adalah orang yang sangat kreatif, banyak orang kaya di dunia ini lahir dari karya tangannya yaitu menulis. Aku pun belajar untuk menulis dan berusaha lebih jujur dengan jari.

19.   Menciptakan lagu

dance n sing
Hahaha iya meski aku ngga jago menulis lagu, tapi aku selalu menghayalkan lagu dan menciptakannya secara spontan, itu sangat menyenangkan mengungkapkan perasaan dengan mulut, kenyataanya aku banyak tidak bisa mengeluarkan suara, dan hanya nada. Tapi aku selalu berusaha membuat laguku sendiri. Meski nanti lupa dan tidak berniat sekalipun untuk merekam suaraku yang terdengar seperti suara tukang sate, kata orang yang dengar suaraku.

20.   Bermain gitar

Belajar bermain gitar itu sangat menyenangkan, bukan untuk unjuk gigi dan pamer kemampuan  tapi sekarang banyak band yang membuat lagu dengan indah dan sangat sesuai dengan perasaan yang kita alami. Akan terdengar indah jika sedang galau menyanyika lagu sendiri, tanpa peduli dunia sekitar yang ada hanya kamu, gitar dan Tuhan.

21.   Dikejar satpam

Cobalah sekali-kali dikejar satpam atau ditegur satpam, itu sangat menyenangkan dan membuat kita tersenyum sendiri, lari beneran seperti dikejar maling, padahal kita tidak begitu banyak melanggar. Tapi itu pengalamn yang harus kamu alami jika ingin hidupmu penuh warna. Manantang perasaan dan rasa takut.

22.   Naik bis kota

gelantungan di ibu kota
Aku orang yang senang naik bis kota, berdesakan dan mencium bau keringat orang, memang kurang terasa menyenangkan tapi akan jadi pengalaman bahwa kita tidak sendiri, banyak orang di dunia yang membutuhkan layanan lebih baik, parfum yang harum, pekerjaan yang layak.

23.   Bermain debu

Ingat masa kecilmu, bermain debu adalah kewajiban. Aku jadi agak heran ketika orang tua melarang anak bermain debu karena takut ini dan itu. Debu itu bagiku keindahan, berjalan di atasnya terasa menyenangkan, melemparkannya ke langit dan berharap terus terbang.

24.   Ikut gotong royong

Kamu harus ikut gotong royong jika kamu merasa orang Indonesia ga boleh meninggal sebelum ikut ngotong royong, budaya ini yang dibangun oleh pendahulu kita agar kita tetap bisa bersosialisasi dengan sekitar dan alam. Mari ajarkan keluarga kita untuk gotong royong di kegiatan apapun yang diadakan di lingkungan kita.

25.   Menyelam

Selain kaya dengan daratan Indonesia juga sangat kaya di bawah lautnya, keaneka ragaman hayati indonesia membuat National Geographic butuh puluhan tahun untuk mengekplorasi. Dan menyelam di indonesia akan membuat jadi diver paling handal di dunia, banyak spot dan tantangannya.

26.   Free diving

Ini lebih keren lagi ketimbang nyelam biasa, karena hanya mengandalkan tubuh dan penyesuaian diri di dalam air, segala tehnik nyelam tidak berlaku pada selam bebas, lebih keren dan extreme. Aku suka sekali melakukan ini, biayanya sedikit dan sangat menyenangkan.

27.   Bermain layang-layang

Adakah yang lebih menyenangkan dari pada mengejar layang-layang??? Ku pikir tidak, meski ada Valentino Rossi lewat kita bakal lebih fokus pada layangan, layangan is god at the moment. Sering kulihat anak kecil mengejar layangan yang putus sampe naik genting rumah dan ke sana kemari di kejar tetangga sambil tertawa, meski telah dewasa orang masih banyak bermain layangan. Entah karena masa kecil yang kurang bahagia atau memang menyenangkan, aku tidak tahu yang jelas ketika memegang layangan itu rasanya menyenangkan.

28.   Memanjat pohon kelapa

Belom pernah melakukan??? Maka kamu harus melakukannya, karena kelapa itu pohon yang rumit dan lurus lurus aja, buahnya mantap, kesannya sangat berbeda ketika hanya beli di pinggir jalan dengan hasil panjat sendiri, kita tidak harus berhasil mendapatkan buahnya, nikmati aja proses naik kelapa yang menyusahkan itu. Dan ingatlah buah yang manis selalu ada di atasnya, lukisan pantai yang indah harus ada kelapa dong.

29.   Mengejar burung

Mengejar burung yang notabene bisa terbang itu hal gila dan aneh, ya memang hal yang aneh sangat menyenangkan, tapi kita berburu burung ketika musim hujan. Cerita mengejar burung di musim hujan adalah cerita menarik seperti kegemaran si bolang mencari hal menarik sambil memakai topi merah, kita wajib memakai kolor doang dan mengejar burung sepanjang sawah dan lumpur.  Its awesome bro.

30.   Bermain kartu

Bahkan malaikat pun iri melihat manusia yang sedang bermain kartu, mereka bisa lupa segalanya dan mereka mempertaruhkan segalanya. Bermain kartu untuk judi atau hanya untuk fun adalah hal yang sangat menyenangkan, banyak orang meluangkan waktu mereka untuk bermain kartu dengan ekspresi wajah yang unik ketika kalah. Aku selalu suka bermain kartu, meski aku tidak jago di bidang ini. Tapi bagiku ini lebih menyenangkan dari pada bengong menunggu keajaiban datang.

31.   Membuat blog

Kamu harus berbagi dengan orang lain beberapa hal penting dalam hidupmu, aku suka melakukan blogging, meski pemula tidak menghalangiku untuk berkarya. Haddeeeeh. Ya setidaknya ada yang bisa dikerjakan dengan lebih konsentrasi dari sekedar bermain kartu. Tahukah kamu banyak orang menjadi kaya dari membuat blog, dan aku tidak termasuk bagian itu. Hahahaha.

32.   Berjualan di emperan

Yah beberapa waktu yang lalu aku sering berjualan di emperan, dan itu sangat menyenangkan, mau ketemu orang kenal atau tidak itu sama saja. Berjualan itu membutuhkan nyali yang luar biasa, tidak sekedar urusan perut saja tapi nyali. Kalo kamu hidup agak mapan kamu tidak akan berani melangkah. Wanna bet???

33.   Menjadi beachboys

fadli and amesh
Kenapa??? Mereka adalah orang paling cool sedunia, kenapa??? Apa karena bisa berganti-ganti pasangan? Apa karena mereka hidup selalu santai? Kenyataannya bukan itu yang paling mengagumkan mereka orang paling bersahabat dan paling rela mendengarkan cerita orang. Dan bercerita hal yang sama berulang-ulang. Meski terdengar membosankan mereka akan selalu berusaha untuk membuatmu senang ketika ada di sampingnya.

34.   Daki gunung

enjoy sunrise
Meski terdengar ekstrem mendaki gunung adalah awal dari perkenalan dirimu dengan dirimu yang sesungguhnya, setidaknya itulah yang aku pahami beberapa tahun terakhir ini, gunung menjadi ikon dalam kehidupanku. Dan aku sangat merindukan dinginnya, panasnya dan desahannya.

35.   Bermalam di hutan

Bermalam di hutan berbeda dengan mendaki gunung, tidak ada naluri penaklukan puncak, yang ada adalah kebersamaan dan berbagi, terdengar lebih santai dan menggembirakan. Tentu saja karena bermalam di hutan hanya untuk bersenang-senang saja. Lupakan bicara nyali, ambil gitar dan saling bercerita, makan berbagi. Ada harmony yang indah bagi mereka yang pernah mengalami hal ini. 

36.   Pramuka

Baden Powell sangat berjasa di bidang ini ya,, terdengar begitu ada banyak kegiatan posistif yang bisa di bawa pulang setelah berkemah pramuka, cerita sedih, horor, bahagia, dikerjai kakak kelas adalah bagian yang tidak terpisahkan. Kadang sangat ingin meninggalkan acara ini tapi setelah lama bergelut  pramuka mengajarkan kita banyak hal yang indah bermain tali, halang rintang, membaca jejak.

37.   Mencari rumput

Iya mencari rumput untuk sapi itu sangat menyenagkan, sapi milik kakek itu bisa kita buat mainan, ditunggangi sepenuh hati dan diberi makan. Berkeliling mencari spot rumput untuk sapi kesayangan. Berulang kali bertemu sesama pencari rumput dan bercanda sambil mencari rumput bersama.

38.   Menyuapi nenek

Melakukan hal ini terasa unik ya? Ya memang sangat unik nenek yang kita sayang sekarang sering ngamuk karena kita telat pulang, atau karena ngga jelas ngapain telat makan, ngga peduli lagi urusan nenek. Tapi aku mulai kembali lagi pada nenekku yang cerewet tapi sangat ku sayang. Akan menyuapinya besok pagi.

39.   Ucapan sayang

Mengirim ucapan sayang untuk orang tua sangat jarang kita ucapkan, kenapa?? Aku juga bertanya. Padahal semua bisa lumer dengan ucapan termasuk hati yang sekeras batu orang tua kita. Sering-sering mengucapkan kata sayang untuk orang tua adalah cara yang tepat dan mudah yang bisa lakukan. Waktu kita akan semakin sedikit bersama mereka, sering-sering membuat hati mereka berbunga-bunga ya.... i love my mom, i love my family.
I LOVE MY MOM, I LOVE MY FAMILY

40.   Mencoba kopi

Kopi indonesia sangat special dan terkenal, terlepas dari yang terkenal dan mahal banyak pilihan kopi yang ditawarkan setiap tempat yang kita datangi sepanjang kepualauan indonesia. Kopi ini akan terasa sangat berharga ketika kamu ada d luar negeri. Kopi yang kita konsumsi adalah konsumsi para pelajar, pebisnis dan para ilmuan untuk membuat mereka selalu terjaga dan terus berkarya.

41.   Hidup di pedalaman

Mengasingkan diri dari hingar bingar kadang perlu dilakuakn untuk mempertajam naluri berbagi kita dan membuat diri lebih peka terhadadp sekitar. Ada banyak hal terbalik di luar sana, dan kita harus tahu sebanyak mungkin hal yang berbeda tersebut. Bukankah pengalaman itu lebih baik dari apapun yang kita miliki. Jangan takut untuk keluar dan hidup dengan orang baru dan merasakan lapar bersama. Atau kenyang bersama. Ada banyak cara untuk membagi kebahagiann yang kamu miliki termasuk dengan merayakan hari istimewa dengan orang baru dalam hidup kita. Membuka diri dan fleksibel.

42.   Mengajar

Tidak penting mengajar apa. Yang penting adalah mengajar, apa yang kamu miliki dalam pikiranmu dan kemampuan yang kamu miliki adalah kekayaan sebenarnya. Akan ada banyak orang yang tidak memiliki kemampuan yang kamu miliki maka ajarkan beberapa hal yang kamu miliki, maka secara tidak langsung kamu mengajari diri sendiri. Dan kamu akan tahu secara personal kekurangan diri sendiri. Mengajarlah karena itu cara terbaik untuk belajar.

43.   Berpidato

Berpidato itu terdengar sangat aneh ya?? Bayangan kita seperti bung karno berorasi di depan ribuan massa. Tidak seperti itu juga sih, tapi kita benar-benar bisa menyampaikan ide dan unek kepada khalayak ramai, atau setidaknya mampu menggerakkan beberapa anak muda untuk selalu berkarya. Maksudku adalah mampu memotivasi orang-orang sekitar kita.

44.   Naik kereta

Beberapa tahun lalu naik kereta di Indonesia sangat menjengkelkan dan menggelikan, sejujurnya aku lebih suka kondisi sekarang, tapi aku juga merindukan suasana dulu. Ketika semua orang telentang beralaskan koran. Tidak jelas mana kepala mana kaki, ini adalah cerita tentang alien tersesat dalam kereta aku dan tiga gadis manis yang aku kawal naik kereta berkumpul bersama para copet, kuli bangunan, pedagang asongan, pebisnis, dan bencong. Ini hanya kesan saja, cukup untuk cerita dan tidak ingin menglami lagi.

45.   Nelayan

Ayah seorang nelayan ikan, aku terlahir dari orang pesisir yang hidup dengan jaring dan perahu. Tidadk ada cerita dramatis karena bagi kami seorang nelayan yang adalah berani dan berani, kerja keras, dan melawan nasib. Kehidupan laut yang seharusnya jadi sandaran mulai tidak mendapat tempat di hati rakyat Indonesia, cobalah sekali hidup bersama mereka, mencium aroma ikan dalam balutan angin malam. Tidak akan ada cerita tentang mitologi laut itu selain dari mulut para pelaut, mereka mengarungi samudera dan membaca bintang, berang hanya dengan bekal seadanya dari istri yang menunggu di rumah. Mereka adalah pahlawan. Nelayan kalian ahli nautika sejati, jiwa seperti mereka yang kita butuhkan. Jiwa maritim.

46.   Para layang

Bermain diketinggian itu punya atmosfer tersendiri, kamu belum pernah menyentuh atmosfer, aku juga belom pernah, sesama belum pernah keluar angkasa hal terbaik yang bisa kita coba adalah bermain para layang, kamu akan melihat betapa kecilnya dirimu. Excited>>? Tentu saja.

47.   Mencinta tanpa maksud

Kamu akan merasakan betapa mencintai orang tanpa maksud sungguh menyakitkan, kamu akan belajar beberapa hal penting untuk hidupmu di masa depan, dan tidak akan mensiasiakan siapapun yang telah menyayangimu. Akan akan menghormati orang lain. Kamu pun harus belajar hal itu.

48.   Menjual barang lawan jenis

Hal yang menantang itu ngga harus melawan maut melulu, kadang yang melawan hati dan nurani bisa disebut tantangan, aku melakukan ini beberapa kali hanya untuk menguji nyaliku, dan ingin tahu reaksi tubuhku ketika melakukan tawar menawar. Aku pernah menjual pakaian dalam wanita beberapa kali. Resmi lo, aku ngga sakit jiwa. Sengaja menjual pakaian dalam wanita, bagiku itu hal yang mungkin patut dicoba.

49.   Mengumpulkan orang

Mencoba untuk belajar jadi pemimpin itu adalah sebuah keharusan semua lelaki akan jadi pemimpin bagi keluarga masing-masing, mengumpulkan orang dengan tujuan tertentu itu akan melatihmu untuk bisa menjadi seorang pemimpin, secara tidak langsung kamu telah menunjuk dirimu sebagai pemimpin tanpa ada yang bilang setuju atau tidak, suka atau tidak.

50.   Menembak

Menembak itu adalah latihan konsentrasi tingkat dewa, meski hanya terlihat seperti permainan, skill ini sangat penting untuk memusatkan pikiran. Kamu tidak akan sadar jika menembak telah mentrigger pikiran pada satu hal yang sangat penting pada waktu yang sama. Kemiringan 0,01 derajat akan membuat peluru meleset dan buruan lepas. Satu peluru satu nyawa.


belajar surfing

Baca juga





CONVERSATION

INSTAGRAM