NAMA NAMA BAGIAN DARI SURFBOARD YANG WAJIB DIKETAHUI - SURFING REPUBLIC surfing republic

NAMA NAMA BAGIAN DARI SURFBOARD YANG WAJIB DIKETAHUI

Mungkinkah papan selancar yang sekarang adalah soulmatemu?


Kenali beberapa titik papan selancarmu. Pada papan selancar yang kamu peluk setiap hari terdapat ribuan teori dan ribuan teori rumit itu diaplikasikan dalam bentuk papan yang bisa meluncur dengan indah dalam ombak, sedikit tentang papan selancarmu bro. Bacalah untuk mengetahui benarkah papan selancar ini soulmate-mu?
BACA JUGA :

Panjang



panjang keseluruhan


Panjang papan selancar umumnya mulai dari 5ft samapaindengan 10 ft, panjang ideal tergantung dari kemampuan dan kebutuhanmu,mmassa tubuh dan tipe ombak. Secara umum semakin besar dan tebal papan selancar semakin mudah dikendarai.

Lebar dimensi

lebar
Lebar papan selancar yang akan jadi pijakanmu nanti ketika mengendarai oombak berkisar 18 inchi hingga 23 inchi,ilihlah yang sesui kebutuhanmu, lebar papan kecil dan longboard berbeda, namun para shaper sudah sangat mengerti kesimbangan untuk masing-masing papan

Desan hidung

hayalkan hidung selancar
Desain hidung papan diselancar ada yang lancip ada yang agak melebar, kegunaannya pun berbeda papa longboard dibuat melebar agar mudah menangkap ombak, pada shortboard dibuat lancip agar mudah untuk duck dive. Semakin lebar hidungnya semakin mudah mengambil ombak.

Bentuk ekor

Bentuk ekor akan sangat berpengaruh terhadap jalannya papan selancar, ada beberapa desain umum ekor papan selancar
  • Square : sangat cepat dalam merespon gerakan tubuh
  • Diamon : modifikasi dari square namun lebih lembut dalam merespon gerakan tubuh.
  • Squash : bentuk yang paling sering digunakan oleh para peselancar, tidak begitu cepat dalam merespon namun sangat mudah dipakai meluncur.
  • Pin : biasanya digunakan untuk papan jenis gun, yag biasa dipakai untuk meluncur di kecepatan tinggi.
  • Rounded pin : modifikasi dari pin untuk mode yang lebih lembut.
  • Round : desain untuk ombak barrel, untuk menyeimbangkan kecepatan pada ekor papan selancar.
  • Tumpul atau swallow : digunakan untuk ombak kecil. Dan beberapa jenis lain, untuk sisi eksprimen para pembuat selancar.

"Papan selancar itu seperti mencari soulmate"

Dasar papan selancar

contoh base selancar dilihat dari ekor
Dasar menjadi bagian yang sangat penting untuk dijaga, karena sisi inilah yang banyak bersentuhan langsung dengan air. Beberapa desain dasar papan selancar
  • Convex : dibuat untuk menahan getaran papan.
  • Concave : manciptakan manuver yang bagus. Cocok untik ombak besar.
  • Datar atau flat : untuk menciptakan kecepatan pada ombak kecil dan lambat.
  • Vee : untuk memudahkan belok namun akan lebih lambat jika track lurus.
  • Channel : papan ini didesain untuk membantu fin dalam melakukan kecepatan namun akan terasa agak berat ketika belok dan apalagi pada kecepatan rendah.

Rocker

ukuran panah atas bawah (kiri)
Lengkungan sepanjang papan selancar, papan selancar sekarang didesain untuk beberapa ombak tertentu dan sangat detail dalam menentukan lengkungan pada selancar. Semakin tinggi rocker, akan semakin susah dikontrol ketika dikendarai. Rocker juga berfungsi untuk mengatur massa tubuh, semakin besar tubuh makin mecil rocker papan, papan dengan rocker besar bagus untuk peselancar yang bertubuh lebih kecil.

Sisi sayap

Sisi sayap pada papan selancar berpengaruh juga, terutama ketika bentuk semakin tajam akan semakin dalam mencengkram ombak dan akan memberikan kontrol yang bagus. Semakin bulat akan menciptakan lari yang semakin cepat pada ombak kecil. 

Bahan dasar

Secara umum sekarang banyak papan selancar terbuat dari styrofoam fiberglass dan epoxy resin. Semua mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semua bahan dasar dan campurannya akan sangat terhadap daya apung, flexibilitas, ketahanan dan perawatannya.

Papan selancar itu seperti mencari soulmate, Jika beruntung kamu akan menemukan papan yang kamu anggap cocok dengan karaktermu, segerah kamu simpan dan buat kloningan papanmu pada shaper andalanmu.

Baca juga 



CONVERSATION

INSTAGRAM