7 HAL NON TEKHNIS YANG PERLU SAAT PERTAMA BELAJAR SURFING - SURFING REPUBLIC surfing republic

7 HAL NON TEKHNIS YANG PERLU SAAT PERTAMA BELAJAR SURFING

BELAJAR SURFING HARUS MEMPERHATIKAN HAL DI LUAR TEKHNIS INI

selong belanak surf lesson
Ada beberapa jenis papan surfing yang tidak ramah bagi pemula, terutama papan softtop, papan soft top ini dibuat  dari bahan seperti spon lembut yang biasa dipakai alas untuk tidur bagi sebagian masyarakat Indonesia, warnanya sangat eye catching, ada yang kuning, orange, biru, merah pink dlll. Aku menyarankan untuk menggunakan pelindung tubuh untuk peselancar pemula unutk mengantisipasi beberapa hal yang tidak diinginkan dan sangat mengganggu untuk latihan pertamamu. Inilah hal-hal yang menurutku penting dan  banyak dilupakan.

BACA JUGA :
BELAJAR SURFING DI BALI
MEMBELI PAPAN SELANCAR DI BALI

BELAJAR SURFING DI JAKARTA

Tidak menggunakan kaos

Jangan main main dengan urusan kaos, para pemula yang ingin terlihat keren mereka tidak memakai koas dan hanya bertahan beberapa menit di air, karena beberapa sebab yang tidak mereka tahu sebelumnya. Terutama urusan keselamatan dan ketahanan tubuh. Menjaga suhu tubuh sangat penting di air.

Kulit mereka mudah lecet

Papan yang mereka gunakan mungkin tidak akan begitu bersahabat dengan kulit mereka saat pertama kali, ini akan membuat kulit para pemula merah dan mudah lecet, lecet di laut itu sungguh menyakitkan, periiih bung. Itu juga mengganggu ketika pelatih melakukan dan memberi instruksi untuk melakukan tehnik yang sudah diajarkan di darat.

Tidak melakukan pemanasan

Semua olah raga membutuhkan pemanasan, dan para peselancar pemula meremehkan urusan ini, mungkin mereka beranggapan ini hanya urusan renang saja, tentu ini salah, kamu akan berhadapan dengan ombak yang tidak pernah tahu siapapun kamu, meskipun kamu presiden ombak tidak akan memperdulikan dirimu. Lakukan pemanasan biar ototmu mudah beradaptasi dengan tekanan air laut. Ingat kita berada di air, dan air bukan tempat kita seutuhnya.

Sengatan sinar matahari yang kuat

doa untuk teman, pelatih dan sodara Ari
Para pemula memang mudah dehidrasi terkena paparan sinar matahari langsung, jangan bandingkan dirimu dengan anak pantai yang sudah lama bermain dengan air, mareka tahu betul cara menghemat tenaga di air, sedangkan para pemula, baru disuruh paddle oleh pelatih baru lima kali gerakan akan sangat kesusahan selain karena panas yang menyengat.

Ketahanan tubuh di dalam air

Pemula biasanya akan mengalami suatu grogi yang berbeda ketika akan masuk kedalam air, pertanyaan-pertanyaan itu membuat tekanan tersendiri, dan sangat berpengaruh ketika sedang beraksi di air. Orang yang terbiasa dengan air laut secara otomatis bereaksi lebih cepat dalam menyesuaikan diri, dan menghemat gerakan, artinya tidak melakukan gerakan yang tidak perlu. Contoh paddle lebih lambat namun stabil. 

Tidak melakukan olahraga pendukung

Banyak yang datang hanya bermodalkan badan yang dibawa langsung dari rumah, tidak belajar dan membaca olahraga pendukung untuk lebih cepat belajar selancar, jogging, latihan kuda-kuda atau melakukan lat pull down ringan. Jika kamu hanya datang dari kantor dan berangkat belajar surfing, itu tetap fun, tapi kamu tidak akan mendapatkan sisi terbaik dari permainan ini, yaitu mengendarai ombak lebih besar. Lakukan hal yang direkomendasikan instrukturmu.

Kamu tidak dekat dengan instrukturmu

Instruktur tahu betul berapa waktu yang kamu butuhkan untuk memahami tehnik selancar, cara terbaik untuk memahami tehnikmu adalah dekat dengan instruktur, para instruktur langsung mengerti melihat caramu masuk ke air dan sudah bisa menentukan waktu dan ketahan tubuhmu. Jadi jika kamu tidak dekat dengannya akan susah membuat dirimu berkembang dalam tehnikmu.

Nyali

butuh nyali untul mencapai level ini..
Bermain selancar itu butuh nyali hiu, kamu akan menghadapi seribu kemungkinan, termasuk luka dan patah tulang. Aku juga mengalami hal yang sama kok, tapi itu menjadi kenangan yang sangat berharga. ada olah raga yang bisa membuatku harus istirahat seperti layaknya pemain bola professional.

Baca juga



CONVERSATION

INSTAGRAM