Cara Membaca Ombak Dan Applikasi Selancar - Panduan Surfing Lanjutan - SURFING REPUBLIC surfing republic

Cara Membaca Ombak Dan Applikasi Selancar - Panduan Surfing Lanjutan

Cara mengerti laut dan kondisinya

Selama ini kita membahas tentang papan dan kemampuan dasar dalam tehnik mengendarai papan selancar.

Maka sekarang adalah inti dari segala pengetahuan, para peselancar tidak hanya focus pada tehnik gerakan

dan cara mengendarai tapi juga pada kemampuan membaca situasi dan keadaan lautan.

BACA JUGA :
BELAJAR SURFING DI BALI
MEMBELI PAPAN SELANCAR DI BALI
BELAJAR SURFING DI JAKARTA


Ombak bukanlah hal yang bisa diatur oleh kita sendiri.

Akan ada sangat banyak variasi ombak dan jenis kondisi yang harus kita kenali sebelum melangkah jauh rencana keluar kota.

Kadang kita tidak menyangka tempat yang dulu terkenal dengan ombaknya yang bagus tiba-tiba berubah jadi sangat tenang seperti danau, iya bangunan yang dibuat manusia seperti landasan udara dan pelabuhan bisa sangat berpengaruh terhadap kondisi ombak yang ada di sekitar kita.

Kenapa kita selalu heran dengan kondisi pantai ketika melewati suatu tempat yang terlihat sangat bagus setelah berkendara 5 menit kemudian ombak yang terlihat bagus itu telah hilang, tentu saja jawabannya sangat kompleks bukan?

Bisa saja karena factor angin, getaran ombak beberapa mil sebelumnya, kondisi bulan, struktur dasar lautan, bahkan hantaman ribuan mil di seberang lautan sana bisa sangat berpengaruh.

Karena saking banyak hal komplek itu maka banyak para ilmuan jenius itu membuat surf report

Dan tide chart agar kita mudah menganalisa kondisi ombak yang ada di tempat yang kan kita tuju. 

Bagaimana cara membaca surf report?


Pernahkah mengalami hari yang buruk untuk berselancar?

Misalnya ketika hari Sabtu telah menjadwalkan liburan untuk surfing ke suatu tempat.
Namun ketika sampai di tempat tujuan ombak terlalu besar dan kita bisa kehabisan nafas sebelum bertemu ombak legendaris itu.

Kita sabar menunggu hari esok namun ombak pagi masih terlalu tinggi untuk dikendarai kita mencoba sabar menunggu sore hari namun seketika ombak yang kencang itu telah menjadi dangkal dan terlalu berbahaya untuk dikendari dengan kemampuanmu yang serba tanggung.

Pernahkah?

Untungnya kita lahir di jaman yang bisa dilihat dari dalam saku.

Kemampuan dasar membaca kondisi ombak dan angin adalah dasar bagi peselancar untuk menikmati hari indah mereka dengan air garam.

Banyaknya aplikasi online yang ditawarkan oleh jaman ini jangan membuat kita melongo download dan nikmati ombakmu sesuai dengan kondisi yang memungkinkan untuk bermain.

Mari kita lihat beberapa faktor yang sangat memperngaruhi ombak



"laut adalah anugerah dari Pencipta"

Arah Arus


Yang perlu kita perhatikan hanya bagaimana air berputar dan berpengaruh ke surf spot tempat kita biasa bermain.

Jika kita bermain di teluk seperti di Cimaja maka kita bisa melihat peta arah arus,

Mungkinkah arah arus hari ini bergerak searah dengan tempat kita bermain dan memberi efek pukulan keras ke daerah yang lebih dangkal dan berkarang untuk menjadi ombak.

Karena tentunya jika arus bergerak ke timur dan pantai kita ada di sisi tenggara akan sangat berpengaruh terhadap ombak hari itu dan tentu bisa memproduksi ombak secara stabil.

Mengetahui karakter ombak bisa dari surfer local atau membaca lewat aplikasi online tentu memberi kita pengetahuan berapa lama ombak akan bertahan di suatu tempat.

Tidak akan rugi jika kamu memperhatikan hal ini setiap hari untuk meningkatkan pengetahuan dasar tentang ombak dan perubahan alam sekitar.

Tinggi ombak


Ini yang paling sering diperhatikan oleh para peselancar jika ingin bermain selancar, dan ini juga yang paling banyak disediakan oleh para penyedia aplikasi.

Untuk lebih mudah membacanya kita biasanya diberitahukan dengan jelas tentang tinggi ombak dan interval waktunya.

“4-6 ft at 10 second” 

ada yang sudah paham artinya??

Nah ini dia artinya Keterangan bahwa ombak dengan ketinggian 4-6 ft akan datang dengan tempo persepuluh detik. Biasanya menghasilkan ombak yang lumayan bagus alias medium.

“2-3 ft at 6 second” 

keterangan perubahan waktu menunjuk bahwa jarak antar ombak sangat dekat dan biasanya ombak yang datang kecil dan berdekatan.

Kebalikannya.... perhatikan lagi.

Jika semakin tinggi angka ketinggian dan interval waktu makin tinggi akan mengahsilkan ombak yang lebih besar dalam jarak waktu yang lebih lama

contohnya “8-9 ft at 17 second” 

Segeralah bersiap-siap pakaian, wax dan papan, segeralah tinggalkan kantormu ombak di luar sana lebih menantang.

Karakter gelombang


Bagi kita yang telah berpengalaman jenis beberapa ombak mungkin tidak akan berpengaruh.

Tapi kita kadang sering kagum dengan seorang teman yang pernah bercerita bahwa dia telah bermain surfing di banyak tempat di mana para legend sering bermain surfing.

Tapi tunggu dulu ombak di setiap tempat itu berbeda ukuran, kecepatan, kualitas, dan kedatangannya berbeda di setiap tempat.

Bukan berarti jika tempat yang terkenal dengan ombak pantai pasir tidak bisa besar di waktu tertentu,
Ingat yah "Kuta Juga bisa memproduksi Barrel".
Tentu saja bisa.
Ombak besar bisa terjadi namun tempat tersebut bisa sangat dinikmati jika ombak sedang ukuran sedang,

contohnya di pantai Kuta Bali makanya banyak yang senang di Kuta Bali.

Kebalikannya jika sering bermain di tempat ekstrem tapi di waktu sedang low akan berbeda cerita .

Contohnya seperti bermain di Padang-padang dan Uluwatu , karena tempat ini juga bisa memompa ombak kecil namun ombak tebaik dari tempat ini adalah ombak besar.

Angin


Ombak sangat bergantung kepada angin.

Angin merubah energy dari udara menjadi gerak ke air.

Pusaran angin yang berputar ribuan mil di tengah laut telah menghantarkan daya untuk menggerak air yang ada di bibir pantai tempat kita bermain surf.

Angin telah memproduksi arus dan daya di lepas pantai dan arus bawah ini yang memberi kekuatan gerakan stabil di permukaan hingga tercipta ombak yang bergantian dengan indah ke pantai.

Meski kita tahu banyak hal yang bisa membuat terjadinya badai dan angin ribut namun kita hanya perlu melihat hal ini untuk keperluan surfing tingkat dasar, agar kita sadar bagaimana ombak berproses tercipta.

Arus saja tidak cukup untuk memproduksi ombak yang bagus,

Jika kita mengenal istilah para pelaut dulu mereka akan berangkat ke laut jika angin bertiup ke laut atau “angin laut” dan pulang jika angin bertiup ke darat atau “angin darat”.

Nah kita juga bisa membuat perkiraan dengan ombak yang kita akan datangi.

Jika kamu merasa angin sedang bertiup ke darat ada jaminan ombak akan berubah tidak stabil karena struktur angin telah merusak kualitas bentuknya.

Tapi
jika kamu berdiri menghadap pantai dan punggungmu tertiup angin, sedang arus juga memproduksi kekuatan solid mengirim ombak kepantai maka akan ada kekuatan kecil beradu yang menciptakan kekuatan ombak yang sangat bagus dan stabil.

Angin dan Ombak tidak bergerak sama arah. 
Ombak yang dihasilkan pasti bagus.

Kita di Indonesia cenderung menikmati ombak yang bening, di mana angin cenderung kecil tidak menciptakan tekanan pada ombak, jadi smooth sekali ketika mengendarainya.

Jika angin laut sedang bertiup ke melawan arah pantai tentu saja akan menciptakan tekanan pada ombak dan akan membuat tekanan saat menuver di atas papan, ini sangat bagus untuk melakukan banyak aksi di atas selancar karena ombak akan sangat kuat berpadu dengan angin yang mendorong dari daratan mendorong kita untuk selalu memepet dinding ombak.

Jenis ombak berdasar pecahnya gelombang


Kita mungkin selama ini hanya penasaran saja bagaimana ombak di depan kita bisa berbeda dengan ombak yang ada seratus metesr di sebelahnya.

Apalagi yang berada pada jarak 1 mil jauhnya, tentu akan sangat berbeda.

Maka pada surf report dibedakan pada dasar lautan tempat terjadinya gelombang, dan akan sangat membantu kita ketika akan membaca info terbaru yang disediakan oleh aplikasi online

ombak stabil

Ombak Point


Bisa terjadi karena  point pecah gelombang hanya terjadi di satu tempat, bisa kanan atau kiri, namun tidak terjadi di kedua arah.

Ombak ini bisa masuk ombak kelas dunia dan bisa jadi yang di buru oleh para kaum peselancar dan biasanya sudah bukan tempat rahasi lagi.

Ombak ini tidak mudah berubah, hanya panjang ombak saja yang berubah tergantung kondisi arus dan musim terjadi ombak secara konsisten.

Yang berubah secara perlahan seiring perubahan posisi bulan dan tekanan arus dan angin.

Idealnya ombak point ini tercipta dari struktur yang lebih dangkal yang terdiri batuan atau pasir, dan membawa ombak ke tempat yamg lebih dalam membuat jalurnya sendiri ke arah bibir pantai untuk bertemu dengan pecahan ombak lainnya.

Makanya ombak ini bisa memproduksi ombak yang panjang di tempat tertentu.

Sudah tentu tempat seperti ini menjadi favorit para surfer, kamu tidak perlu bermain terlalu lama, cukup dapatkan ombak terbaik saja dan habiskan hingga ujung ombak.

Ombak pasir


Lihatlah jika kamu berada pada pantai yang berdasar pasir,

Maka surf report akan menulis beach break, yang biasanya sekitar 100 meter di bibir pantai, dasar pasir.

Kadang sangat tidak konsisten karena struktur yang mudah berubah kadang dangkal atau kadang dalam, mudah berubah dalam hitungan tahun.

Tentu ombak dengan dasar pasir sangat berbeda-beda di setiap tempat tergantung alur arus, bentuk pasir dan struktur pasir, atau pun bangunan manusia sekitar.

Meski ini dekat pantai tetap menantang kok, karena ombaknya tidak bakal mudah di prediksi seperti ombak karang atau ombak batu karena ombak pasir bisa terjadi di masa saja, tentu ini akan lebih sulit di prediksi oleh para peselancar di mana ombak selanjutnya akan terjadi.

Ombak karang

ombak kecil kecil
Ombak favorit

Ini adalah ombak paling konsisten yang pernah ada, ombak inilah yang sering kita lihat di majalah-majalah surfing.

Ombak ini tercipta karena dasar karang tajam atau barisan batuan menciptakan ombak dengan lobang diantaranya.

Ombak ini bergerak sangat  cepat dan melengkung, ombak ini datang dari tempat yang dalam dari tengah samudera dan secara konstan berbaris kuat menghantam barisan karang atau batuan yang dangkal menciptakan lubang lengkung yang indah.

Jika arus ombak memukul berlawanan dengan angin yang datang akan menciptakan ombak yang indah.

Ombak karang ini sudah popular di kalangan para professional karena mereka ketika beraksi bisa dengan jelas melihat karang setajam beling yang berbaris rapi di bawah papan mereka dengan jarak yang sangat dekat.

Ombak ini tentu saja konsumsi para pemain legend, yang hanya ada di film dan di majalah surfing.

Para surfer tentu harus mengetahui kadar skill mereka sebelum menjajaki tempat-tempat yang ekstrem ini. Have fun.

Selamat menikmati surfingmu, baca juga kelanjutan artikel ini untuk lebih memahami dasar-dasar bermain surfing.

Kesimpulannya


Ombak dan angin sangat berpengaruh terhadap kondisi laut.
Gunakan Aplikasi untuk melihat ombak
Setiap tempat memiliki karakter yang berbeda.
membaca surf report itu keahlian dasar peselancar moderen
Selamat berkarya para peselancar Indonesia.


CONVERSATION

TRIP ADVISOR