10 CARA MENDAPATKAN DUIT DARI INDUSTRI SURFING - SURFING REPUBLIC surfing republic

10 CARA MENDAPATKAN DUIT DARI INDUSTRI SURFING

CARA MENDAPATKAN DUIT DARI INDUSTRY SURFING


surfing republic
John Skek

Selancar telah menjadi industri yang sangat populer di dunia, di negara-negara barat selancar adalah industri yang sangat maju. Bagaimana kita sebagai anak muda Indonesia menjadi pemain di dalam negeri sendiri yang selama ini banyak diabaikan oleh kita sendiri, lihatlah sekeliling para pelaku industri surfing yang ada di Indonesia tentu penguasanya bukanlah orang kita sendiri outlet-outlet yang berdiri besar juga bukan milik orang berkebangsaan Indonesia, banyaknya hotel yang tumbuh subur ini juga perlu diperhatikan apakah hotel ini milik orang Indonesia seutuhnya, tentu jika ini bukan milik orang Indonesia berarti banyak orang-orang yang telah sadar bahwa olah raga surfing adalah industry layaknya olahraga sepak bola, maksud saya adalah orang luar negeri yang telah sadar bahwa industri surfing ini memiliki beruang yang sangat besar di masa depan hingga mereka rela membangun properti dan mengeluarkan dana untuk membangun daerah indonesia yang kita sendiri tahu terpencil ketimbang negara asli dimana para pemilik bisnis surfing Indonesia datang.

Ketika kita jalan-jalan menyusuri area surfing di sekitar Jawa Barat Banten Bali bahkan Lombok, banyak bangunan mewah dan outlet surfing berdiri dengan rapi, apakah ini tidak membuatmu heran? Ini membuatku heran, makanya aku ingin mengajak teman-teman untuk sama-sama berfikir mendongkrak daya yang kita punya untuk menjadi bagian aktif dari pertumbuhan ekonomi dari industri surfing Indonesia yang akan datang.

Saya menuliskan beberapa poin penting yang bisa kita masuki untuk menjadi pilot project dalam mengumpulkan pundi-pundi uang dari industri surfing yang semakin hari semakin menjanjikan. Kupikir selalu ada sela yang bisa kita manfaatkan untuk mesuk ke industry ini. Mari kita lihat bersama-sama.

Menyewakan papan selancar

johny

Ini mungkin hal yang paling gampang yang bisa kita kerjakan dan paling sering kita melihat di banyak tempat, orang yang menyadari hal ini tidak akan berpikir dua kali untuk melaksanakannya, harga sewa selancar dan biaya pembuatannya bisa kembali dalam jangka 1 tahun. Tentu ini adalah hal yang bagus untuk memulai bisnis kecil-kecilan, karena untuk pemakaian biasa papan selancar umumnya bisa bertahan 3 tahun. Lihatlah kanan kiri jika tempatmu mempunyai kemungkinan untuk bisa melakukan olahraga selancar maka segeralah untuk membuat surat perizinan kepada bagian tertentu yang ada di daerahmu. Dan bangunlah usahamu di situ.

Menjadi instruktur surfing profesional

instruktur selancar di kuta
Dengan menjamurnya penyewaan surfing yang ada di Indonesia tentu saja sang pemilik harus memikirkan kemungkinan lainnya yaitu kebutuhan mereka akan para pelatih surfing internasional. Ini adalah kesempatan bagi kamu yang mempunyai kemampuan surfing untuk mengajukan diri kepada mereka yang punya papan surfing banyak untuk menjadikanmu sebagai salah satu instruktur di tempatnya. Karena pemilik selancar tentu akan sangat sibuk jika dia turun sendiri ke laut dan mengajarkan selancar, inilah kesempatanmu masuk diantara celah-celah kebutuhan yang tidak mungkin dikerjakan semua oleh para pemilik penyewaan papan selancar.


Memproduksi alat-alat Surfing gear

my bro surfboard workshop

Kebutuhan selancar itu sangat banyak sekali jika kamu memiliki kemampuan untuk memproduksi salah satunya akan sangat bagus dan pasarannya akan menjadi sangat luas. Lihat satu persatu kebutuhan selancar kita lihat, mereka yang turun ke laut membutuhkan papan surfing, celana surfing, wax, tali pengikat kaki, dan pelindung kulit dari sengatan matahari, bahkan ada yang menggunakan kaos khusus surfing. Jadi peluang produksinya memang sangat besar, belum lagi pendukung tambahan untuk membuat penampilan semakin keren, seperti kaos-kaos surfing, topi, kacamata, tas, tas selancar itu sendiri, rak selancar. Dan produsen-produsen itu kebanyakan tidak berasal dari dalam negeri atau karya anak bangsa sendiri, lihatlah betapa banyak produk-produk itu bertebaran di lokasi selancar mulai dari papan, celana, wax, bahkan pakaian dalam, mereka sungguh kreatif membangun industri di bidang ini. Alana Blanchard mungkin tidak begitu mentereng di prestasi sebagai seorang peselancar professional, tapi dialah yang membuka mata cewek-sewek dunia untuk tampil modis layaknya berjalan di panggung Victoria Secret, Surfing Republic mempunyai komitmen untuk selalu mendukung dan membantu para produsen produsen lokal memasarkan produknya terutama untuk kalangan sendiri dulu yaitu orang-orang Indonesia yang hobbi bermain surfing dan menikmati pantai. Mari kita tingkatkan produktivitas kita agar dompet dompet orang Indonesia tidak hanya terbuka untuk merek-merek luar negeri saja, harganya yang sungguh mahal untuk dijangkau oleh masyarakat kita sendiri, bisa menjadi pertimbangan selanjutnya.

Jadi brand Ambassador sebuah produk

Salini's Surfer Girl Board
Bagian lain yang perlu jadi perhatian adalah banyaknya produk-produk luar negeri menjadi penguasa dalam negeri tentu ada kebutuhan dari mereka untuk mempromosikan produknya, jika kamu percaya diri dan mempunyai kemampuan yang unik untuk dipromosikan maka gandenglah perusahaan-perusahaan besar itu. Jadi brand ambassador sebuah produk selancar tentu akan menambah penghasilanmu, karena mereka membangun kontrak serta telah menyiapkan modal marketing di setiap negara, terutama Indonesia yang terkenal dengan gudang ombak membentang dari barat hingga ke timur. Gunakan kesempatan untuk menjadi ambassador, latihlah dirimu pertajam skill yang akan kamu tawarkan, menjadi Ambassador sebuah produk tidak hanya dilakukan oleh para atlet selancar itu sendiri, karena tujuannya adalah menjual produk jika kamu tidak mampu bersaing dengan para peselancar professional maka carilah cara yang lain, dengan banyaknya media sosial yang ada sekarang tentu kamu tahu cara untuk membuat dirimu populer. Brand Ambassador adalah membuat dirimu terkenal dan mempromosikan barang-barang dari merk tertentu kepada khalayak ramai. Keahlian mempromosikan barang bukanlah spesialisi bagi para atlet selancar, karena keahlian mereka adalah menaklukkan ombak sedangkan para brand Ambassador adalah menawarkan produk. Tugas dan fungsi nya juga berbeda, seorang brand Ambassador pengetahuan tentang produk tertentu harus tinggi, jika ditambah dengan kemampuan tertentu misalkan menulis dan internet marketing, sudah tentu merk tersebut tidak akan menyia-nyiakan bakat seperti itu. Karena tujuannya adalah menjual barang.

Surfing photography

the great picture only taken by photographer                                         credit to mang agus cimaja
Tentu ini sangat dibutuhkan oleh para peselancar bahkan para produsen selancar itu sendiri, kemampuan mengambil gambar ini tidak dimiliki oleh semua orang, ini adalah karya seni. Gampangnya para peselancar tidak bisa memfoto dirinya dalam ruang yang lebih luas, tentu dia membutuhkan orang lain yang akan mengambil gambarnya saat beraksi, dan para produsen selancar tidak akan menghabiskan banyak waktunya hanya untuk mengambil gambar ke laut karena banyak pekerjaan penting di belakang, soal urusan marketing dan produksi tidak bisa ditinggalkan, maka jasa para fotografer ini murni dibutuhkan. 

Sebagaimana kita tahu bahwa dunia visual berubah secara drastis, hidangan manusia untuk memuaskan mata sudah pada level kebutuhan yang sangat primer saat ini. Maka tidak salah kalau para produsen besar rela membayar mahal untuk sebuah video, iklan, dan foto yang akan dipamerkan nanti di websitenya. Bagi kamu yang punya kemampuan fotografi dan memang menggeluti bidangnya, ini adalah lahan basah, ditambah lagi budaya selfie membludak seiring semakin besarnya media sosial canggih saat ini. Kebutuhan untuk eksis dan menampilkan diri kepada dunia seperti harga mati. Di sinilah para fotografer bisa mengambil keuntungan.

Bekerjasama dengan travel agent

keliling nusantara tour and adventure

Para travel agent tidak kehilangan akal melihat fenomena selancar ini, mereka tahu betul dengan tumbuhnya hotel hotel besar di sekitar pantai tidak lain salah satunya adalah ketertarikan para turis untuk berjemur dan menikmati pantai serta olahraganya terutama olahraga surfing. Para peselancar dengan keahlian tertentu ingin mengeksplor tempat yang tidak familiar dengan dirinya, para travel agent memanfaatkan fenomena jalan-jalan surfing ini, ada hal lain selain kebutuhan akomodasi, sudah pasti para travel agent ini membutuhkan orang yang ahli selancar untuk menemani para tamu mereka menjelajah tempat yang baru, karena sesungguhnya travel agent hanya tahu duduk di depan komputer dan memanggil mereka untuk menggunakan jasa, di lapangan tetap dikendalikan oleh para peselancar. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan mengajukan diri untuk menjadi bagian dari sebuah travel agent tentu akan mendapatkan pundi-pundi uang lain. Di Indonesia sendiri grafik meningkatnya wisatawan dari luar negeri dengan tujuan tertentu terutama olahraga laut tidak bisa disia-siakan begitu saja, bahkan di negara seperti Australia wisata surfing mempunyai agensi sendiri, menariknya wisata ini telah membuktikan penghasilannya terhadap wisata Australia.

Membuat media iklan dan berita surfing atau blog

save your idea

Jika kamu merasa tidak mampu untuk turun ke laut berenang seperti para peselancar itu, dan tidak mempunyai keahlian membawa tamu, serta fotografi yang mumpuni, kamu tidak perlu khawatir industri surfing yang sangat besar ini, untuk mengiklankan produknya vonder butuh media, maka mainkan kreativitasmu di media ini yaitu media tulis menulis dan internet. Memang ini lebih rumit daripada sekedar bawa tamu-tamu selancar dan nyemplung ke laut bermain ombak, tapi percayalah investasi terbaik manusia itu adalah tulisan. 
make it happen
Bergabung dengan majalah surfing itu bisa menjadi pilihan, atau membuat blog mu sendiri jika ingin lebih bebas. Tentu diantara kedua hal itu mempunyai keuntungan yang berbeda-beda, kamu bekerja kepada sebuah majalah surfing tentu ada kewajiban yang harus kamu selesaikan karena kamu dibayar, dan Jika kamu membuat blog mu sendiri kamu punya kewajiban untuk membangun disiplin diri dan belajar lebih banyak hal untuk mempromosikan blog mu dan memperbaiki tulisanmu, dan ini juga bisa dilakukan di sela-sela waktu sibukmu, kamu tidak perlu 100% terjun untuk menekuni blog.

Menjual alat-alat surfing

jualan dulu bos
Jika kita tidak mampu membuat dan memproduksi alat-alat surfing maka kita bisa mengambil jalan tengah dengan menjualkan produk produk dari produsen-produsen besar itu, atau jika ada produsen kecil lokal yang mempunyai kreativitas besar, kamu bisa menjadi bagian marketing disitu. Tentu akan menambah penghasilanmu, jika kamu mempunyai blog kamu bisa menjalin kerjasama dengan produsen-produsen besar dan produsen-produsen kecil dari seluruh dunia. Karena toko sekaliber Amazon pun menjual barang-barang surfing juga. Kamu bisa memanfaatkan layanan afiliasi mereka, atau membangun jalur dropship dengan mereka. Jika kamu dekat dengan art shop dan surf shop kamu mungkin harus berpikir lagi karena mereka adalah dompetmu.


Membuka sekolah surfing

ride across nation

Kebutuhan orang dengan surfing itu bermacam-macam, karena surfing itu tidak terjadi begitu saja dan membutuhkan aturan keselamatan yang tinggi maka tidak heran kalau para produsen produsen besar dunia membangun sekolah surfing sebagai lini usaha bisnis mereka, bagaimana Quiksilver Billabong Ripcurl memanfaatkan nama besar mereka untuk membangun sekolah surfing yang tamunya bahkan berasal dari seluruh dunia. Tentu tidak sia-sia bukan mereka melakukan promosi besar-besaran karena tentu pendapatannya juga besar.

Tapi kamu tidak perlu bersaing dengan mereka jika kamu pernah mempelajari standar keselamatan dasar kelautan kamu bisa membangun usaha kecil di pinggir pantai seperti yang dilakukan oleh para anak pantai di sekitar pantai Kuta Bali. Karena tidak menutup kemungkinan mereka akan memilih mu ketimbang vendor-vendor besar yang jelas harganya lebih mahal dari pada tawaran yang kamu berikan. Jika kamu mempunyai kualitas tentu kamu tidak bisa berperang harga dengan sesama penjual jasa sekolah surfing.

Konseplah kehidupan berselancarmu dimanakah kamu akan menjadi pemain, menjadi instruktur surfing atau membangun sekolah surfing sendiri karena keduanya mempunyai keterikatan yang sangat erat.

Menyediakan akomodasi untuk para petualang selancar

homestay in cimaja
Para petualang selancar itu jauh dari rumah tentu Mereka sangat membutuhkan kebutuhan primer mereka seperti tempat berlindung dan makanan. Jika tempatmu dekat dengan spot surfing tentu kamu bisa melakukan bisnis ini, Surfing Republik banyak membangun kerjasama dengan hotel-hotel di sekitar pantai.
Jika kamu mempunyai tempatmu sendiri saya dengan senang hati akan mengajukan kerjasama dan mempromosikannya di website ini.


Menjadi seorang atlet surfing professional

eric
Menjadi seorang atlet profesional itu akan mendapatkan bayaran sebagai seorang profesional, dan di Indonesia peluangnya sangat besar, hanya sedikit orang yang terjun ke laut untuk menjadi seorang peselancar. 100 orang dari peselancar profesional di Indonesia 80% dulunya tidak pernah berencana untuk menjadi seorang profesional, tapi setelah mendapat motivasi dari beberapa orang akhirnya dia memutuskan untuk menjadi seorang profesional dibidang selancar.
Artinya apa? Kesempatan untuk menjadi seorang peselancar profesional sangat besar, tentu seseorang dengan tujuan menjadi seorang profesional berbeda dengan mereka yang hanya sekedar hobi bermain selancar meskipun itu hebat, faktor pendorong berbeda menjadikan karir seseorang berbeda. Contohnya, kamu yang hobi dan hebat bermain surfing saat ini belum tentu bisa bersaing seseorang di sekitarmu yang mempunyai tujuan untuk menjadi seorang atlet peselancar profesional. Karena tentu kamu dan temanmu punya visi yang berbeda, dan target yang harus dicapai, ini semua yang menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang di masa depan termasuk karirnya menjadi seorang peselancar profesional.
Para atlet profesional tentu diburu oleh para vendor-vendor internasional untuk dijadikan sebagai sumber promosi. Maka Sudah menjadi kewajiban buat mereka untuk selalu menjaga kualitas permainannya pada level tertinggi.

Masihkah kamu berpikir tidak akan menemukan peluang diantara sekian banyak peluang yang ada, tulisan ini hanya bagian kecil diantara ratusan peluang kecil yang memberi kesempatan lebih detail dan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan uang. Jika kamu telah melakukan salah satu di antara banyaknya pilihan yang tertulis di atas kamu akan mengerti detail-detail yang harus kamu kerjakan untuk menambah daya gedormu dalam menaklukan industri surfing dalam negeri.
Jika kamu belum melakukan apa-apa maka segeralah bertindak, ini kesempatan buat kita untuk menemukan dimana kita membuahkan kreatifitas yang bagus dan menghasilkan duit. Karena mungkin beberapa tahun yang akan datang aku sendiri yang akan datang kepadamu dan memintamu untuk memberi motivasi kepada anak-anak muda lain di Indonesia untuk untuk mencapai dan membuat perubahan terhadap surfing industri Indonesia seperti yang telah kamu perbuat, jika kamu sukses.
Jangan mudah menyerah terhadap keadaan teruslah menggali batasmu hingga titik dimana kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Percayalah dengan apa yang kamu perbuat, industri surfing ini adalah industri baru tentu saja akan mengalami banyak perkembangan dan perubahan, disinilah kesempatan kita untuk membuat pengembangan dan perubahan itu, karena kitalah pelaku industrinya dan orang-orang dari Australia Eropa dan Amerika yang akan menjadi customer kita. Terus semangat seperti ombak yang kita kendarai.
   
 


dari pojok ruangan menatap terik matahari, aku mulai belajar menulis 

CONVERSATION

INSTAGRAM