RAHASIA SPOT SURFING DAN SNORKELING DI LOMBOK YANG HARUS KAMU KETAHUI - SURFING REPUBLIC surfing republic

RAHASIA SPOT SURFING DAN SNORKELING DI LOMBOK YANG HARUS KAMU KETAHUI

MAU SURFING DAN SNORKELING DI LOMBOK?


http://www.indosurfingrepublic.com/

LOMBOK


Pulau Lombok terbagi menjadi 4 bagian, Lombok barat, Lombok timur, Lombok utara, Lombok tengah, kota yang paling popular adalah kota Mataram. 
BACA JUGA :BELAJAR SURFING DI BALIMEMBELI PAPAN SELANCAR DI BALIBELAJAR SURFING DI JAKARTA
Lombok menjadi daya tarik sepuluh tahun terakhir dan menjadi tujuan wisata yang menantang Bali, sangat kaya budaya dan kaya sejarah, sejak jaman dahulu Lombok sudah menjadi bagian sejarah Indonesia, ingat dengan Nagarakertagama, katanya ditemukan di Lombok. 

Soal budaya sudah tentu sangat kaya, Tandang Mendet, Bau Nyale, Upacara Rebo Bontong, Begasingan, Bebubus Batu, Periseian. Nama budaya yang disebut terakhir sangat aku senangi, dan aku pernah menonton sendiri betapa istimewanya budaya yang juga olahraga ini, pertarungan 2 orang dengan menggunakan senjata rotan dan perisai, keren. Beberapa kali ke Lombok membuatku jatuh cinta dengan tempat ini, selain karena memang banyak spot surfing Lombok juga banyak menghidangkan keindahan alam yang luar biasa.
Setiap kabupaten di pulau Lombok mempunyai dayatarik masing-masing yang susah untuk dibanding-bandingkan dengan tempat lainnya. 

Memang yang sangat popular adalah gunung Rinjani dan Gili Trawangan, Meno dan Air, namun diantara 4 nama popular itu ada ratusan tempat yang bisa diekplore. Terutama di daerah daratan pulau Lombok sendiri.

Jalanan besar yang membentang dari barat ke utara adalah akses yang sangat baik untuk menikmati Lombok, dan pemandangannya luar biasa. Menyusuri pantai bisa, ingin melintas di hutan juga bisa. Aku tidak bisa menerangkan banyak sekali di blog yang sempit ini, tapi menjabarkan sedikit demi sediki tentang Lombok adalah hal yang menyenangkan

Selain jalan yang bagus yang bisa aku ingat tentang Lombok adalah makanannya yang sangat khas, yaitu sambalnya, orang lokal menyebutnya beberok. Orang Lombok sangat sopan dan menghargai persaudaraan, meraka selalu menghidangkan semua hal terbaik yang mereka miliki untuk menjamu tamunya, hal yang sangat istimewa menurutku. Inilah kesanku tentang Lombok pertama kali, masyarakat yang ramah dan berbudaya tinggi.

Aku harus jujur tentang Lombok yang membuatku jatuh cinta itu, tujuan wisatanya yang banyak, kamu akan dibuat pusing dengan banyaknya destinasi yang ada, sedang waktumu sangat terbatas, okey mari kita ambil sedikit di bagian laut saja. Terutama bagian olahraganya.

SURFING


Lombok adalah surga lain dari surfing Indonesia, jika kamu hanya membicarakan Bali, mungkin sudah terlalu mainstrem karena Indonesia mempunyai banyak tempat selain Bali. Lombok adalah penyumbang lain di Indonesia dengan kekayaan spot surfingnya. Berikut beberapa spot surfing yang bisa kamu eksplore ketika kamu mengunjungi Lombok.

Gerupuk
Ombak di Gerupuk semuanya hanya bisa diakses dengan perahu, ada 4 spot terkenal di sekitar tempat ini. Bumbang Bay yang bisa memproduksi ombak hingga 10ft di musim terbaiknya. Gili golong adalah ombak kanan di sekitar Gerupuk, bisa naik hingga 8-10 ft, datanglah sekitar akhir musim penghujan hingga pertengahan musim panas, itulah musim terbaiknya. Sekitar February hingga September. Don-don hanya aktiv kalau dorongan laut sedang naik, ombak kanan dan kiri, semua surfer bisa mencoba tempat ini, sepanjang tahun bisa memproduksi ombak stabil saat mendekati bulan purnama dan setelah bulan purnama biasanya. Karekternya mengikuti gravitasi yang putaran bulan. dan Pelawangan atau Kid’s point spot lainnya yang juga menarik untuk dicoba.

Serangan
Ini terkenal ombak kanan yang bagus, tidak banyak yang tahu tempat ini namun bagus untuk mengekplor tempat, rata-rata semua surfer Lombok tahu tempat ini, jika kamu baru datang ke Lombok maka sebaiknya gunakan jasa orang lokal untuk mengantarmu ke sana. Pasti puas dan menyenangkan.

Seger Reef
Tidak begitu besar namun cukup membuat senang, spot ini di depan hotel Nuvotel, sangat dekat dengan keramaian jadi sudah normal kalo tempat ini sangat ramai dengan orang-orang lokal, tempat ini juga bagus untuk menghilangkan penat. Karena terjangkau jarak dan waktunya.  Rasanya orang-orang lokal juga tidak bisa menyembunyika tempat ini.

Tanjung Aan
Ombak kanan yang panjang pada musimnya terletak di Pantai Tanjung Aan, ini adalah tempat surfing yang menyenangkan bagi orang lokal, mereka bisa berbuat banyak di tempat ini, tempat yang bagus untuk memulai karir surfing dari tempat ini. Seperti yang aku sebutkan di awal orang Lombok terkenal ramah sesama orang Indonesia, alangkah baiknya jika kamu  mengajak teman lokalmu untuk surfing bareng dan juga menikmati kebersamaan bersama mereka.

Ekas Inside
Ekkas ini tidak bisa dijangkau dengan  jalur darat maka carilah info dulu, tempat ini adalah surga untuk longboard, tidak banyak tempat yang  menawarkan jenis ombak ini di Lombok, karena karakter nya yang cepat.

Mawi
Maui itu di Hawaii dan Mawi itu di Lombok, ke duanya adalah surga bagi para peselancar dunia, ombak kirinya sudah terkenal dan sangat menyenangkan untuk mereka yang suka melakukan back hand, mudah untuk dijangkau, datanglah pas musim panas, banyak orang yang sudah menjelajah tempat ini, kamu tidak akan tersesat. Kalo bawa mobil aman, karena ada tempat parkirnya.

Areguling
Ini ombak karang yang bagus, barrel bagus, ombak kanan yang sangat kuat, tidak jauh dari pantai Kuta Lombok, lokal surfer adalah penguasa tempat ini, tentu jika kamu dekat dengan mereka adalah kebahagiaan, karena mereka  juga tidak sungkan untuk berbagi ombak, Lombok yang kaya ombak membuat orang lokal sangat sensitive terhadap ombaknya kadang kita juga harus mengerti aturan ketika bertamu ke tempat baru. ombak akan sangat bagus ketika sedang naik.  Take off yang lumayan mudah membuat kamu bisa menjelajah masuk ke dalam barrel. Mungkin ini tempat yang tidak akan bisa kamu lupakan dalam hidupmu.
Ombak ini bisa memompa hingga 10ft, tapi yang terbaik tantu berada di level 4-8, cek app yang kamu punya untuk memeriksanya.

Senggigi
Spot surfing paling mudah di jangkau dan sangat dekat pusat keramaian kota adalah senggigi, banyak orang telah tahu spot surfing ini, dan ada photographer professional yang juga sering menjadikan tempat ini sebagai surfing andalan untuk memphoto. mas Putu Juliarta.

Ada beberapa spot yang dirahasiakan oleh para peselancar, dan mereka menganggap ini bagian yang tidak bisa dijual begitu saja, tapi aku akan menuliskan beberapa petunjuk yang bisa kamu cari infonya, di sekitar tempat yang aku sebutkan tadi ada spot-spot rahasia. Taruklah di catatanmu untuk menanyakan spot surfing rahasia ini, sengaja memang tidak diberi nama agar susah untuk mengingat dan tidak disebut secara umum, terutama jika ada peselancar dari luar negeri yang agak kurang hormat terhadap budaya dan masyarakat lokal. No name dekat Ekas, No name dekat Mawi, No name dekat Belongas, No name dekat Mawun, No name dekat Tanjung Aan ada sekitar 4 spot.

Bangko-bangko
Tempat ini dikenal dengan sebutan legendarisnya Desert Point, tidak direkomendasikan bagi semua pemula dan intermediate surfer, tempat ini sangat menakutkan, dangkal dan dasarnya beling. Pahamkan maksudku? Iya itulah, tempat ini adalah tempat kaum professional uji nyali dan latihan, mereka latihan di waktu tertentu karena tidak selalu ada di setiap waktu, jika  kamu ke sana dan kemampuan standart mending kamu bawa photo saja. Surfer dari Bali dan orang-orang yang datang dari luar negeri banyak mencoba ini. Ingat pesanku ini bukan tempat orang belajar, ini adalah ombak bagi kaum professional. Dengan status yang tidak rahasia namun menakutkan, Bangko-Bangko bisa memproduksi ombak hingga sepanjang 300m, tentu ini perjalanan yang panjang bagi seorang pemula dan intermediate level.  Tempatnya lumayan mudah dijangkau jika kamu turun dari kapal penyeberangan dari Bali. Ombak kelas menengah dengan karakter super cepat dan berkarang.

Bagaimana dengan 3 Gili?

Tentu saja tempat ini memiliki spot surfing juga, jika kamu datang ke Gili bisa saja kamu membawa papan surfing sendiri, meski tempat ini tidak begitu terkenal dengan surf spot karena tempat ini lebih popular untuk boogie dan party, namun tempat ini juga kaya spot surfing, di Gili Air lebih banyak memproduksi ombak ketimbang Gili Trawangan, tapi banyak orang hanya menikmati ombak di Gili Trawangan saja, hanya untuk mengisi waktu. Pantainya yang berkarang dan ombaknya lembut. Banyak kaum professional yang bermain surfing menyewa kapal dan para peselancar lokal mengantar mereka ke spot surfing di seberang pulau. Karena hanya bisa diakses dengan perahu.

DIVING DAN SNORKELING


Bagian ini adalah bukan soal ombak lagi, sekarang aku membagi beberapa tempat yang dianggap surga untuk melihat dunia bawah laut Lombok dan sekitarnya. Lombok adalah surga yang tepat untuk melihat penyu dan menikmati keindahan laut lainnya, selain harganya yang terjangkau dan cukup mudah untuk akses. Nama-nama legendaries tiga pulau Gili tentu masuk di dalamnya.

Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno
Gili Trawangan sebagai pemimpin dari semua spot snorkeling seluruh Lombok, dan tempat ini yang memberi akses terhadap semua 2 gili lainnya, karena paling besar dan pengiriman barang lebih cepat karena permintaan yang tinggi, itulah juga membuat Gili Trawangan sebagai spot snorkeling mudah dikenal, jika kamu berkunjung ke sana kamu hanya perlu sewa alat senorkeling saja dan tinggal jalan dan nyemplung, kamu akan menemukan keistimewaan pulau ini, ya istana bawah lautnya penuh dengan keindahan.

Ada banyak spot snorkeling lainnya yang bisa dikunjungi dengan membayar perahu umum yang dioperasikan oleh penduduk lokal, di situ kita akan berangkat dengan rombongan lainnya dnegan paket satu hari. Biasanya dimulai sekitar jam 10 pagi hingga jam 3 sore.
Mengikuti program tour di Gili Trawangan sangat worth it, hanya membayar 130an saja, dan kamu akan menikmati keindahan 3 gili dalam sehari. Rombonganmu bisa menjelajah spot snorkeling Gili Air dan Gili Meno. Jangan sampai melewatkan tour ini.

Tips: bawalah air minum dan jangan lupa kamera.

Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Sudak
Tiga Gili lain yang juga naik daun juga mempunyai spot snorkeling, namun bedanya kamu tidak perlu menyewa perahu, karena cukup nyemplung saja. Ya spot snorkelingnya telah terhampar di depan mata saat ada di bibir pantainya. Tempat ini juga bagus untuk yang tidak suka dengan kehidupan yang lebih hedon dan gila ala Trawangan.

Pantai Pink
Pink beach begitu sebutannya karena pasirnya yang berwarna agak kemerah-merahan namun aku tidak begitu jelas melihat warna pink itu. Mari kita lihat apa ke istimewaan pantai ini? Selain yang berwarna pasirnya pink, yaitu aturan main untuk snorkeling di sini biasanya pengunjung disuruh untuk sewa perahu oleh penduduk lokal. Aturan aneh bagi beberapa tempat di Lombok yang belum familiar dengan budaya wisata yang ramah dan aneh.
Sebaiknya kamu datang rame-rame saja, tempat ini juga lumayan susah dijangkau kalo hanya berdua dengan pacarmu.

Pantai Sekotong
Aku pernah mencoba untuk snorkeling di sini tapi bukan hanya untuk menikmati keindahan bawah lautnya, hari itu aku bersama temanku datang untuk memanen mutiara di ladangnya, aku memasukkan tempat ini karena keindahan alamnya yang berbeda dengan Lombok biasanya, kalo yang lain menikmati ikan, tempat ini malah menikmati mutiara. Mutiara air laut yang terpendam di sini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia, dengan spesialisasi air laut.

KITE SURFING

Kite surfing memang tidak begitu popular di Indonesia saat ini, karena harganya yang lumayan merogoh kocek, untuk ukuranku saat ini. Tapi di Lombok kamu bisa melakukan ini kok, banyak paket kite surfing yang menawarkan jasa ini di sekitar ekas. Angin bagian selatan Lombok yang tanpa henti sepanjang tahun adalah hal lain yang menjadi keuntungan pariwata di sini.

Banyaknya tempat di Lombok yang tidak bisa diakses olehku semua, aku akan sangat sennag jika ada yang menambahkan. Dan membuat para pembaca lainnya jadi mengerti lebih banyak.

Aku akan membagi tempat-tempat itu berdasar tempatnya sehingga kamu yang sedang berkunjung menemukan kemudahan mencari akomodasi. Bisnis tourism yang menjadi bagian penting ekonomi Lombok belakangan telah menjadikan semua tempat di Lombok seperti magnet.

Tabel Lombok Paradise Spot


Lombok Utara
Lombok Barat
Lombok Timur
Lombok Tengah
Surf Spot
Gili Trawangan
Bangko Bangko
Ekas
Gerupuk



Pantai Mawi




Selong Belanak




Areguling




Tanjung Aan




Serangan




Seger Reef
Snorkeling
Gili Trawangan
Sekotong
Pantai Pink
-

Gili Air

Gili Nanggu

-
-

Gili Meno

Gili Sudak

-
-

-

Gili Kedis

-
-
Kitesurf


Ekas




TIPS :

  • Harga di Gili Trawangan jauh berbeda dengan Lombok daratan, jadi pastikan liburanmu dengan hitungan jelas.
  • Bawa papan surfing satu saja.
  • Bawa alat snorkeling sendiri.
  • Lombok berbeda dengan Bali, gunakan pakaian yang tidak mencolok.
  • Silahkan cek nama hotel yang bisa kamu pilih untuk menemanimu hari-harimu, karena harga hotelnya ternyata sangat terjangkau. 
  • Temukan hotelmu di sini
  • Hotel di Gili Trawangan 
  • Hotel di Sekitar Lombok dan Sengigi 
  • Hotel di Sekitar Kuta Lombok

Photographer di lokasi surfing


Jika kamu memang membutuhkan poto surfing untuk pertualanganmu, kamu sebaiknya membawa photographer khusus, karena semua berdasar pada satu ketentuan. yaitu keselamatan. Ada banyak photographer menyediakan photo surfing, kamu bisa membeli beberapa shoot dari mereka dengan harga yang lumayan terjangkau. Setiap pantai biasanya punya photographer, karena pekerjaan ini uga menghasilkan uang yang cukup, dan tidak mungkin ditinggalkan begitu saja oleh masyarakat setempat.


CONVERSATION

INSTAGRAM