CARA BERDIRI DI ATAS PAPAN SELANCAR (PART 2) - SURFING REPUBLIC surfing republic

CARA BERDIRI DI ATAS PAPAN SELANCAR (PART 2)

Pop up atau berdiri


Gerakan pop-up ini adalah gerakan yang dilakukan setelah upaya dayung keras beriringan dengan daya dorong ombak, menggerakkan kaki dari dari sisi ekor papan selancar menuju sedikit kedepan dan menyeimbangkan posisi antara papan, air dan tubuh. Ada baiknya percobaan ini dilakukan di darat dahulu, memang agak sedikit memalukan sih, kalo kamu malu maka cobalah sendiri di depan rumah.

BACA JUGA :
Gerakan ini sangat penting, intinya membuat gerakan yang sangat cepat dan lembut hanya itu saja. Maka pastikan gerakan kakimu benar, itulah nilainya. Gerakan ini akan dilakukan secepat mungkin setelah kamu terbebas dari ombak dan berdiri dengan sangat cepat di depan ombak.
Bagi yang pertama merasakan ini mungkin akan menghilangkan sedikit pikiranmu, kamu akan hilang sesaat sebelum kembali benar-baner bisa berpikir lagi, yaitu saat mengambil ancang-ancang berdiri. Ini triknya.

Lakukan latihan posisi yang benar

Menurutku hanya ada 3 gerakan penting untuk sukses pop up di atas selancar dan cara ini sukses untuk dipraktekkan ke pada semua pemula yang pernah belajar denganku.

Posisi telungkup
Ini yang harus kamu lakukan sebelum benar-benar masuk ke dalam air, lakukan di darat ya. Ini adalah gerakan pertama.
  • Posisi badan di atas papan selancar, pastikan kakimu ada di batas tali selancar dan badanmu ada di tengah-tengah tulang badan selancar.
  • Dada di tekuk mendongak ke atas, bayangkan dirimu ada di air dan kamu sedang memposisikan diri agar tidak kemasukan air laut, letakkan ke dua tangan dengan posisi push up, bukan mencengkram papan, hanya letakkan saja.
  • Angkat dada dan tangan lurus. Pandangan tetap lurus menuju cakrawala, bukan kaki juga bukan ujung selancar.

Gerakan pertahanan
Gerakan nomor adalah mempertahankan balance tubuh, karena dada dan perut sudah tidak menyentuh bidang papan selancar, tangan telah tegak dan tatapan menuju cakrawala.
  • Gerakkan kaki pertahanan, kalo kamu goofy maka gerakkan kaki kirimu lebih dahulu dan sebaliknya.
  • Kaki hanya berjarak setengah langkah dari batas leasing plug, atau tempat mengikat papan selancar, pandangan tetap tertuju ke cakrawala dan pastikan kakimu ada di tengah-tengah papan selancar
Landing off
Inilah gerakan penentu kesuksesan kita bisa melaju di atas papan selancar, gerakan penyeimbang dari seluruh tubuh kita yang telah ditahan oleh kaki pertama dalam gerakan pertahanan.
  • Gerakan terakhir adalah memberi layanan langsung pada pada kaki penahan, menggerakkan ke depan kira-kira satu langkah ke depan.
  • Ingat posisikan kaki dengan sudut 45 derajat untuk keseimbangan dan menaikkan jadi 90 derajat untuk membantu keseimbangan pertahanan.
  • Mata tetap ke depan, acuhkan segala yang ada di bumi dalam sesaat focus ke keseimbangan tubuh, lihatlah orang-orang di pantai.

http://www.indosurfingrepublic.com/
step to pop up

Membaca tulisan diatas tentu terasa sangat ribet bukan? Tapi jika dikerjakan itu hanya dalam 3 detik saja, ya hanya dalam 3 detik saja, karena kalo lebih dari itu namanya menari bukan pop-up. Ada banyak tehnik yang diajarkan oleh para ahli selancar, tapi aku memilih cara ini dengan bantuan suara, atau hitungan “satu dua up”, tehnik lumayan cepat bagi para pemula yang belajar bersamaku, bahkan jika itu anak kecil.
Tentu jika kamu mempunyai kegesitan yang lain kamu bisa mencari banyak cara yang termudah nanti, tapi gerakan ini adalah inti untuk mencapai pop-up kelas pemula, tehnik ini akan terus berkembang seiring kemampuanmu yang juga terus meningkata karena latihan, tehnik ini berlaku bagi kamu yang menggunakan papan selancar besar, atau longboard. Tehnik lain yang lebih rumit akan ada pada tehnik papan yang lebih kecil nanti.
Selamat bersenang-senang jayalah selalu peselancar Indonesia 

CONVERSATION

INSTAGRAM